Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Marquez Menolong Morbidelli Saat Kecelakaan di Portimao

Kompas.com - 05/02/2024, 12:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap MotoGP Franco Morbidelli alami kecelakaan di latihan bersama para pebalap WSBK di Sirkuit Portimao, Portugal, beberapa waktu lalu.

Sepeda motor Morbidelli hilang kendali di tikungan 9 Sirkuit Portimao. Ia kemudian dibantu kembali ke pit oleh Marc Marquez dan Alex Marquez.

Akibat kecelakaan ini, Morbidelli harus menginap di rumah sakit untuk alasan pencegahan dan keselamatan.

Baca juga: Deretan Bus AKAP yang Punya Layanan Pramugari

Marc kemudian membagikan cerita secara detail bagaimana ia menolong mantan pebalap Monster Energy Yamaha itu.

“Kami (Marc dan Alex) sedang melakukan uji coba di Portimao, kami melihat bendera merah, kami adalah yang pertama tiba di antara Tikungan 8 dan 9. Kami melihat Franco tidak sadarkan diri di area run-off,” ucap Marquez, dikutip dari Crash, Senin (5/1/2024).

"Dia, sedikit, berada dalam posisi yang aneh dengan kepala mendongak. Saya dan Alex, kami langsung berhenti. Kami meninggalkan motor di lantai dan berlari ke arah Franco untuk menaruhnya (dalam posisi menyamping),” lanjutnya.

Marc turut menjelaskan mengapa dirinya menaruh Morbidelli dengan posisi menyamping. Menurutnya, hal ini dilakukan agar Franky, sapaan akrab Morbidelli, bisa tetap bernapas dengan baik.

Baca juga: Paling Banyak Busi Palsu Untuk Nissan dan Honda di Pasar

"Karena ketika Anda tidak sadarkan diri, Anda melihat ke (langit), itu berbahaya karena Anda tidak bisa bernapas dengan baik. Kami menempatkannya di posisi menyamping. Kami membuka baju kulitnya dan membuka helmnya. Kami menunggu staf medis. Ketika staf medis tiba, kami hanya kembali ke kotak,” ucap Marquez.

Marc dan Morbidelli sebelumnya memang sempat berselisih, akibat aksi towing yang dilakukan oleh Marc menjelang akhir musim MotoGP 2023 lalu. Namun, Marc tetap menganggap Morbidelli sebagai rekan.

“Kami adalah lawan, tapi di saat yang sama, kami adalah rekan. Kami menginginkan yang terbaik untuk lawan kami,” kata Marc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com