Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Kaget jika Pintu Belakang Mobil Tidak Bisa Dibuka dari Dalam

Kompas.com - 02/02/2024, 19:31 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil dilengkapi beberapa fitur canggih, kadang justru bisa membuat penggunanya malu karena tidak paham fungsinya. Salah satunya adalah fitur yang membuat pintu belakang mobil tidak bisa dibuka dari dalam.

Tidak sedikit konsumen terlanjur mengeluhkan permasalahan tersebut ke bengkel. Namun ada juga yang lebih dulu mengetahui faktanya bahwa ada fitur keselamatan khusus pada mobil.

Bagi Anda yang belum mengetahui fitur ini, bisa disimak penjelasan ahli berikut!

Baca juga: Orang Tua Wajib Aktifkan Fitur Child Lock Safety di Mobil Saat Berlibur Bersama Anak

Child Safety Lock pada Daihatsu SigraFEBRI ARDANI/KOMPAS.com Child Safety Lock pada Daihatsu Sigra

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan ada fitur yang bisa membuat pintu belakang mobil tidak bisa dibuka dari dalam, ini bukan kerusakan tapi fitur keselamatan.

“Fitur ini bernama child lock, bertujuan untuk melindungi anak saat berkendara, karena ada potensi anak membuka pintu meski kondisinya sudah dikunci, padahal risikonya sangat besar jika sampai pintu terbuka saat mobil melaju kencang,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Kamis (2/2/2024).

Oleh karena itu, untuk menutup akses anak membuka pintu dari dalam diciptakanlah fitur child lock. Hardi mengatakan ini bukan fitur baru karena sudah ada sejak dari dulu.

Baca juga: Aktifkan Fitur Child Lock Safety Saat Bawa Anak Kecil di Dalam Mobil

child safety lock pada mobil chevroletKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda child safety lock pada mobil chevrolet

Sepintas seperti kerusakan, karena pengunci sudah terbuka dan gagang pintu sudah ditarik tapi tetap saja pintu tidak mau terbuka bahkan saat diberikan dorongan sekalipun.

“Hampir semua mobil ada fitur child lock, lokasinya di pintu belakang saat dibuka, biasanya ada tuas kecil ada tulisan child lock, itu bisa digeser untuk diaktifkan atau tidak,” ucap Hardi.

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan saat berkendara anak harus diperhatikan keselamatan dan kenyamanannya, termasuk mengaktifkan fitur child lock.

Baca juga: Saat Bawa Anak Kecil di Mobil, Orangtua Wajib Aktifkan Fitur Child Lock


Jusri mengatakan, fitur child lock safety sangat penting, terutama untuk yang sering berkendara dengan anak kecil. Selain itu, posisi duduk anak juga harus diperhatikan agar tetap aman dan nyaman.

“Walaupun sudah ada fitur child lock, posisi duduk anak tetap harus diperhatikan, Mengingat mereka ketika terjadi pengereman tiba-tiba. Jadi, anak sebaiknya tetap ditempatkan di baby seat,” ujar Jusri.

Nah, bila Anda menjumpai pintu mobil belakang tidak bisa dibuka dari dalam kemungkinan fitur keselamatan ini sedang aktif, jadi tidak perlu kaget atau panik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com