Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Fungsi Senar Gitar di Pintu Mobil BYD Atto 3 dan Dolphin

Kompas.com - 31/01/2024, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Interior mobil listrik BYD Atto 3 dan Dolphin punya desain yang cukup unik. Ruang penyimpanan pada door trim di area pintu bagian dalam yang biasanya tertutup material kokoh ini justru memakai tiga utas "senar gitar."

Senar gitar itu terbuat dari material karet dan bisa dimainkan layaknya gitar atau bass walau tidak bernada. Sebab tujuannya memang bukan alat musik melainkan untuk sandaran menaruh barang-barang kecil.

Baca juga: Kenali Penyebab Bunyi Krek Saat Ganti Gigi Mobil Transmisi Manual

 

BYD Atto 3KOMPAS.com/Gilang BYD Atto 3

Kepala Produk PT BYD Motor Indonesia, Bobby Bharata mengatakan, desain ala senar gitar dipakai karena membuat tampilan di area pintu menjadi lebih simpel dan fleksibel, sekaligus sebagai pemanis kabin.

"Karena itu (senarnya) tebal jadi seperti senar bass ya. Karet yang ada di pintu itu sebenarnya bertujuan untuk menambah estetika kendaraan. Tidak ada fungsi secara khusus. Kalau pakai plastik di door trim makan tempat, makanya dibikin seperti itu," kata Bobby di Bandung, Jawa Barat, Senin (29/1/2024).

Dengan desain ala senar seperti itu kata Bobby, pengemudi bisa menaruh barang lebih besar karena sifat karet yang elastis. Berbeda dengan boks yang memakai material plastik atau lainnya yang sifatnya kaku.

Baca juga: Fungsi Nomor Lambung pada Bus AKAP

 

BYD Atto 3KOMPAS.com/Gilang BYD Atto 3

"Kalau pakai mobil biasanya kan ruangnya terbatas, tapi kalau pakai senar seperti ini jadi bisa melonggar. Tapi senar-senar itu tidak bisa disetel sih (seperti gitar). Memang begitu. Sebagai pemanis," ujarnya.

Bobby mengatakan, seandainya "senar gitar" di pintu mobil listrik BYD Atto 3 dan Dolphin putus, maka pemilik bisa melakukan pergantian di diler resmi terdekat.

"Bisa diganti ke diler ada. Berapa (harganya) nanti ke diler ya," ujar Bobby.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com