Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Tua Wajib Aktifkan Fitur Child Lock Safety di Mobil Saat Berlibur Bersama Anak

Kompas.com - 26/12/2023, 12:22 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bepergian menggunakan mobil bersama anak ketika liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) menjadi pengalaman yang menyenangkan, namun juga memerlukan persiapan ekstra.

Saat membawa anak berlibur menggunakan mobil salah satu fitur yang wajib diaktifkan adalah Child Lock Safety, langkah ini berperan penting dalam memberikan perlindungan lebih untuk menghindari risiko membuka pintu atau jendela secara tidak sengaja selama perjalanan.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, fitur Child Lock Safety ini wajib diaktifkan untuk menjaga keselamatan anak selama berkendara.

Baca juga: Bahu Jalan Bukan untuk Istirahat, Simak Fungsinya

child safety lock pada mobil chevroletKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda child safety lock pada mobil chevrolet

“Child Lock Safety bisa mencegah anak yang iseng membuka pintu saat mobil bergerak atau saat macet,” ujar Roslianna kepada Kompas.com belum lama ini.

Dengan mengaktifkan fitur Child Lock Safety, orang tua tidak perlu khawatir jika terjadi kecelakaan yang mengharuskan penumpang keluar dari kabin.

“Tugas orangtua untuk mengevakuasi anak ketika kondisi darurat bisa dengan membuka pintu belakang,” ujar Roslianna.

Baca juga: Mitos Tabrak Kucing Bikin Sial, Begini Tips Menghindarinya

Sementara, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving and Consulting, Jusri Pulubuhu mengatakan, selain menggunakan fitur Child Lock Safety pastikan anak mendapatkan perlindungan tambahan seperti menggunakan baby seat.

Bagi pemudik yang sudah memiliki anak, pastikan child lock pintu aktif sehingga pintu mobil tidak mudah terbukaSenivpetro/Freepik Bagi pemudik yang sudah memiliki anak, pastikan child lock pintu aktif sehingga pintu mobil tidak mudah terbuka

“Khususnya untuk yang kakinya belum mencapai dasar kabin, maka wajib ditempatkan di second row. Selain itu harus menggunakan tempat duduk tambahan seperti booster seat atau baby seat,” ujar Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jusri juga menjelaskan, fitur Child Lock Safety ini penting untuk diaktifkan namun juga perhatikan posisi duduk anak.

“Walaupun sudah ada fitur Child Safety Lock, posisi duduk anak tetap harus diperhatikan. Mengingat seat belt dewasa belum bisa mengakomodasi keselamatan mereka ketika terjadi pengereman tiba-tiba. Jadi, anak sebaiknya tetap ditempatkan di baby seat,” ujar Jusri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com