Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Mengatasi Mesin Xpander yang Ngelitik

Kompas.com - 30/01/2024, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Mesin ngelitik merupakan salah satu tanda bahwa performa mobil sedang tidak prima. Pasalnya suara ketukan tersebut muncul akibat terjadinya pembakaran tak sempurna.

Ternyata ngelitik juga bisa saja terjadi pada mobil keluaran terbaru, salah satunya Mitsubishi Xpander yang sebentar lagi meluncur varian hybrid-nya di Thailand.

Standar pembatasan emisi yang tinggi secara tidak langsung membuat mobil tersebut tidak bisa sembarangan diisi bahan bakar, khususnya yang kurang berkualitas.

Baca juga: Simak Harga Xpander Bekas Jelang Peluncuran Varian Hybrid

Test drive Mitsubishi XpanderKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test drive Mitsubishi Xpander

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota-Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan Xpander merupakan mobil modern dengan standar emisi baik.

“Untuk mobil-mobil yang sudah Euro 4 maka jenis BBM sangat menentukan performa, minimal pakai bensin RON 92 atau Pertamax agar tidak muncul ngelitik,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, Senin (29/1/2024).

Muchlis mengatakan tuntutan untuk menekan angka emisi gas buang membuat produsen mobil menentukan standar lebih tinggi. Salah satunya dengan menaikkan kompresi mesin.

Baca juga: Menanti Kehadiran Xpander Hybrid di Indonesia

Test drive Mitsubishi Xpander di rute Jakarta-Yogyakarta menghasilkan 15,6 Km per literKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test drive Mitsubishi Xpander di rute Jakarta-Yogyakarta menghasilkan 15,6 Km per liter

“Maka dari itu jenis BBM harus sesuai mengikuti anjuran dari brikan, jika jenis BBM sudah sesuai tapi masih ngelitik barulah diperiksa lagi soal waktu servis,” ucap Muchlis.

Muchlis mengatakan mobil apapun tidak akan lepas dari perawatan untuk menjaga performanya tetap baik. Apalagi mobil tersebut menggunakan BBM tidak sesuai anjuran.

“Langkah berikutnya periksa busi, filter bensin, dan pembersihan ruang bakar, karena penggunaan BBM akan mempengaruhi kebersihan mesin dari kerak karbon yang dapat mengganggu performa,” ucap Muchlis.

Baca juga: Mitsubishi Xpander HEV Siap Meluncur 1 Februari 2024


Jadi, agar Xpander tidak mengalami ngelitik konsumen harus memperhatikan jenis BBM yang digunakan. Bila sudah terlanjur pakai BBM kualitas rendah maka perawatan perlu dilakukan lebih intensif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com