Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citroen Tunda Distribusi Mobil Listrik E-C3 Electric ke Konsumen

Kompas.com - 25/01/2024, 17:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Citroen Indonesia turut bersaing dalam pasar mobil listrik nasional dengan meluncurkan E-C3 Electric. Namun, mobil tersebut sampai saat ini belum didistribusikan ke konsumen.

E-C3 Electric meluncur pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Mobil listrik ini diklaim mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat.

Baca juga: Citroen Belum Melirik Pasar Mobil Hybrid Indonesia

"Kalau bicara angka, ini memenuhi target dan harapan manajemen. Angkanya harus dilihat dulu berapa, tapi secara target itu memenuhi yang kami kejar," ujar Tan Kim Piauw, CEO PT Indomobil National Distributor, kepada wartawan, saat ditemui di Jakarta, belum lama ini.

Mobil listrik Citroen eC3 resmi diperkenalkanDok. Carscoops.com Mobil listrik Citroen eC3 resmi diperkenalkan

"E-C3 Electric yang kita jual sekarang sebenarnya harganya Rp 377 juta yang standar ya, sedangkan yang full spec itu Rp 387 juta, ini sudah kita memperhitungkan mengikuti program insentif dari pemerintah," kata Tan.

Untuk diketahui, pemerintah memberikan insentif bebas impor mobil listrik. Tapi, pabrikan yang terkait harus sudah mulai merakit atau memproduksi secara lokal dengan TKDN minimal 40 persen sampai dengan tahun 2026.

Baca juga: Citroen Mau Merakit Lokal E-C3 Electric di Purwakarta

Citroen Indonesia memang berniat merakit secara lokal E-C3 Electric. Tapi, langkah tersebut baru akan terealisasikan pada akhir 2024.

Mobil listrik Citroen eC3 resmi diperkenalkanDok. Carscoops.com Mobil listrik Citroen eC3 resmi diperkenalkan

"Jadi, nanti kalau persetujuan kita ini dapatkan dari pemerintah, ya ini harga yang kita jual. Kita sudah kasih tahu ke konsumen kenapa kita lama, karena kita ikut program pemerintah. Untuk ikut program pemerintah, kita harus dapatkan approval, baru mobil kita bisa masukin ke Indonesia," ujarnya.

Citroen E-C3 Electric dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 29,2 kWh. Motor listriknya ditempatkan pada roda depan dengan daya sebesar 42 kW dan torsinya mencapai 143 Nm.

Dengan baterai penuh, mobil listrik ini mampu menempuh jarak hingga 320 Km. Kemampuan akselerasinya 0-60 kilometer per jam, dapat ditempuh dalam 6,8 detik. Sementara kecepatan maksimumnya, diklaim mencapai 107 kilometer per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com