Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CX-5 dan CX-3 Jadi Tulang Punggung Penjualan Mazda 2023

Kompas.com - 25/01/2024, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Eurokars Motor Indonesia, selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mazda di Indonesia, mengaku membukukan penjualan 5.320 unit sepanjang 2023. Hasil tersebut sekaligus menjadi penjualan tertinggi Mazda sejak tiga tahun terakhir (2020) dengan peningkatan hingga 100 persen.

Lebih rinci, pada tahun 2020 secara keseluruhan Mazda hanya menjual 2.660 unit. Sementara 2021, penjualan Mazda naik 27,5 persen dengan total 3.392 unit.

Pada 2022, penjualan Mazda kembali naik 14,6 persen dengan 3.88 8 unit. Sedangkan di 2023, Mazda berhasil membukukan angka penjualan 5.320 unit, atau naik sekitar 36,8 persen dari tahun sebelumnya, dan meningkat 100 persen jika dibandingkan posisi 2020.

Baca juga: Marc Marquez Sebut Adiknya Punya Peluang Juara MotoGP 2024

Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia (Mazda Indonesia) Ricky Thio menjelaskan, ada beberapa faktor yang mendorong kenaikan penjualan Mazda pada 2023.

Mulai dari antusiasme dari para penggemar dan pelanggan terhadap merek Mazda, kinerja yang baik dari para jajaran dealer principal, hingga layanan purna jual Mazda yang terus ditingkatkan.

Selain itu, pada tahun 2023 Mazda juga memiliki target, masuk ke dalam segmentasi pasar kendaraan premium. Ini ditandai dengan peluncuran The All New Mazda CX-60.

Mazda CX-60 Goes to Central JavaMazda Mazda CX-60 Goes to Central Java

“Tak ketinggalan, salah satu misi terbesar Mazda untuk dapat masuk ke dalam segmentasi pasar kendaraan premium juga direalisasikan di tahun lalu (2023), dengan peluncuran The All-New Mazda CX-60,” ucap Ricky Thio, melalui keterangan resmi, Rabu (24/1/2024).

Lebih lanjut, Pramita Sari, Marketing & Communications General Manager PT Eurokars Motor Indonesia (Mazda Indonesia), menjelaskan bahwa, CX-5 dan CX-3 dengan warna soul red crystal metallic dan machine grey metallic masih menjadi model yang paling diminati oleh para pecinta Mazda.

“Di Mazda sendiri, Soul Red Crystal Metallic dan Machine Grey Metallic dikategorikan sebagai premium colours, yang dalam proses pengecatan-nya memanfaatkan teknologi khusus, dengan hasil akhir yang lebih presisi dan berkualitas tinggi, seperti diaplikasikan oleh tangan pengrajin terampil,” kata Pramita.

Baca juga: Komunitas GR Enthusiast Geber Unit Gazoo Racing di Sirkuit Mandalika

Adapun di tahun 2024, Mazda akan menghadirkan sejumlah produk baru, di mana tiga diantaranya berteknologi elektrifikasi.

“Di tahun 2024, Mazda juga akan menghadirkan sejumlah produk 7G pada kategori segmen Medium SUV, Medium SUV (BEV), Large Premium SUV (PHEV), dan Large Premium SUV (MHEV),” kata Ricky Thio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com