Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madrid Jadi Tuan Rumah Formula 1 mulai 2026

Kompas.com - 24/01/2024, 18:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Crash.net

MADRID, KOMPAS.com - Spanyol menandatangi kontrak dengan penyelenggara Formula 1 atau F1 untuk menggelar balap jet darat tersebut sampai tahun 2035.

Namun dengan perjanjian tersebut maka mulai 2026 balapan F1 akan digelar di Ibu Kota Madrid. Ini menandai pertama kalinya Madrid menggelar balapan F1 sejak terakhir pada 1981.

Baca juga: Penampakan Hyundai Palisade Generasi Anyar Berbalut Kamuflase

Sirkuit di Madrid, akan memiliki panjang 5.47 km dan berlokasi di sekitar Pusat Pameran IFEMA antara pusat kota dan bandara Barajas. Pihak F1 mengatakan GP Spanyol akan jadi salah satu balapan yang paling mudah diakses.

 Lando Norris,  Charles Leclerc and Lewis Hamilton di podium Formula 1AFP Lando Norris, Charles Leclerc and Lewis Hamilton di podium Formula 1

“Madrid adalah kota yang luar biasa dengan warisan olahraga dan budaya yang menakjubkan dan pengumuman hari ini memulai babak baru yang menarik bagi F1 di Spanyol,” kata Presiden dan CEO F1 Stefano Domenicali dikutip dari Crash, Rabu (24/1/2024).

Presiden FIA Mohammed Ben Sulayem menambahkan bahwa mobil F1 modern yang berpacu di sirkuit baru di Ibu Kota Spanyol merupakan prospek yang menarik.

Baca juga: Suzuki Indonesia Berkomitmen Siapkan Produk Ramah Lingkungan

“Seiring dengan pengenalan peraturan Formula 1 FIA 2026, yang dirancang dengan mempertimbangkan net zero carbon pada tahun 2030, sangat menyenangkan melihat penyelenggara lokal menaruh fokus yang tajam pada kelestarian lingkungan,” katanya.

 

Mobil Mercedes Formula 1 yang pernah dipakai  Lewis Hamilton saat pertama kali menang balapan F1 di Grand Prix Hongaria pada 2013 akan dilelang oleh RM Sotheby di Las Vegas, November 2023.Foto: Carscoops.com Mobil Mercedes Formula 1 yang pernah dipakai Lewis Hamilton saat pertama kali menang balapan F1 di Grand Prix Hongaria pada 2013 akan dilelang oleh RM Sotheby di Las Vegas, November 2023.

Pengumuman ini menghadirkan tanda tanya bagi Circuit de Barcelona-Catalunya, rumah F1 GP Spanyol sejak 1991.

Baca juga: DAMRI Buka Rute Baru Jakarta-Malang, Tarif Rp 390.000

Barcelona akan terus menggelar balapan setidaknya hingga tahun 2026, ketika kontraknya habis, artinya akan ada dua Grand Prix Spanyol setidaknya selama satu tahun.

F1 juga masih melakukan diskusi dengan Barcelona terkait masa depan balapan, mengisyaratkan bahwa balapan di Madrid tidak serta merta mengakhiri balapan di Barcelona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com