Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Pastikan Sudah Setop Produksi Sienta

Kompas.com - 23/01/2024, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia memastikan sudah tidak lagi memproduksi model Sienta di fasilitasnya yang berlokasi di Karawang Plant 2, Jawa Barat.

Sehingga, kendaraan keluarga 7-penumpang (Multi Purpose Vehicle/MPV) menengah dengan pintu geser ini secara resmi disuntik mati usai berjuang hingga delapan tahun di Indonesia.

"Sienta sudah tidak diproduksi lagi," kata Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam, Senin (22/1/2024).

Baca juga: Saat Mobil Parkir Apakah Setir Harus Dibelokkan?

Toyota Sienta WelcabDok. Istimewa Toyota Sienta Welcab

Hanya saja, dalam kesempatan itu, ia tidak menjelaskan lebih rinci apakah Sienta bakal mendapatkan penyegaran baru dalam waktu dekat, atau apa ada penggantinya.

Mengingat, Sienta merupakan satu-satunya produk Toyota Indonesia yang memiliki pintu geser dengan harga di bawah Rp 600 jutaan (kelas menengah).

Dengan kabar ini maka nasib Sienta di Tanah Air sudah dipastikan setelah perusahaan tampak masih menahannya tahun lalu.

Kala itu, sebenarnya Sienta sudah hilang dari situs resmi PT Toyota Astra Motor (TAM) di jajaran produk MPV. Sehingga menimbulkan spekulasi jika dalam waktu dekat, mobil tidak lagi dipasarkan di Indonesia.

"Kami masih memproduksi Toyota Sienta di fasilitas pabrik PT TMMIN di Karawang Plant 2 dengan menerapkan 'pull system'," ujar Bob kala itu.

Baca juga: Komunitas Minta PO Bus Bijak Soal Penggunaan Klakson Basuri

Toyota Sienta Beyond 1.0 garapan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA).Setyo Adi/Otomania.com Toyota Sienta Beyond 1.0 garapan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA).

Sebab, meskipun permintaan di Indonesia rendah, Sienta merupakan salah satu produk kendaraan yang mendapatkan respons cukup baik di pasar mancanegara atau ekspor.

Namun, melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), tren ekspor Sienta dalam beberapa tahun terakhir cenderung merosot.

Padahal, ketika pertama diproduksi di 2016 Toyota mampu mengekspor 5.588 unit Sienta ke berbagai negara. Setahun kemudian juga naik jadi 8.961 unit.

Pada 2018, ekspor Sienta mulai menurun hingga pada akhinya berhenti diproduksi pada Februari 2023 lalu. Maka, sepanjang Januari-Desember 2023, hanya 99 unit Sienta yang dihasilkan oleh TMMIN.

Bob mengataka, pihaknya mempertimbangkan berbagai faktor untuk menentukan produksi dan pengembangan model baru dalam sistem produksi global yang fleksibel. Namun, ia belum bisa merinci lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com