Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Mobil Parkir Apakah Setir Harus Dibelokkan?

Kompas.com - 22/01/2024, 16:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

SOLO, KOMPAS.com - Sebagian pemilik mobil, pasti ada yang beranggapan ketika parkir setir harus dikunci dengan diputar ke kiri atau ke kanan sedikit supaya aman dari tindak kejahatan.

Meski begitu, ada juga yang beranggapan hal tersebut tidak perlu dilakukan sebab saat kunci mobil dilepas setir sudah mengunci.

Lantas, masih perlukan memutar setir mobil sedikit ke kiri atau kanan saat parkir mobil?

 Baca juga: Ini Alasan Kenapa Baterai Motor Listrik Harus Dicopot Saat Dikirim ke Konsumen

Ilustrasi fitur cruise control pada setir Mitsubishi XpanderKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi fitur cruise control pada setir Mitsubishi Xpander

Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic Solo, Jawa Tengah mengatakan, memutar setir mobil sedikit ke kiri atau ke kanan salah dan tidak perlu dilakukan.

“Kalau sudah dicabut setir sudah ngelock. Jika diputar sedikit nanti harus digerakkan juga kalau tidak kunci sulit diputar,” ucap Iwan kepada Kompas.com, Senin (22/1/2024).

Iwan juga mengatakan, jika pemilik mobil melakukan hal tersebut juga tidak masalah tidak akan ada kerusakan yang terjadi.

 Baca juga: Awas, Naik Sepeda Listrik di Jalan Raya Bisa Kena Tilang

Setir Honda WR-VKompas.com/Donny Setir Honda WR-V

“Aman-aman saja, tapi yang sering masalah banyak orang gak sengaja kunci kontak sudah dicabut kemudian setir tidak sengaja diputar. Saat mau putar kunci kontak mereka gak bisa putar dan malah jadi bingung,” ucap Iwan.

Jika sudah begitu, pengguna mobil yang tidak tahu akan hal tersebut akan panik dan bingung bagaimana cara mengatasinya.

“Kalau sudah ngelock begitu, sambil diputar kunci kontak setir di goyang-goyang. Karena kalau posisi sudah seperti itu, saya jamin kunci kontak tidak bisa diputar ke on kalau setir tidak digoyangkan,” ucap Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com