Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Lalu Jumlah Kecelakaan di Indonesia Tembus 1.911 Kasus

Kompas.com - 22/01/2024, 18:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang periode 15-21 Januari 2024, telah terjadi 1.911 kasus kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di seluruh wilayah Indonesia.

Angka kecelakaan tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya, yakni pada periode 8-14 Januari 2024 yang mencatatkan 2.479 kasus.

Rekapitulasi data ini diperoleh dari Integrated Road Safety Management System (IRSMS) milik Korlantas Polri, yang berfungsi mencatat, mengkompilasi, dan memaparkan semua peristiwa laka dengan cangkupan nasional.

Baca juga: Fenomena Anak Kecil Kejar Bus yang Pakai Klakson Basuri, Banyak Dipengaruhi Medsos

Sepeda motor ringsekDok. Satlantas Lamongan Sepeda motor ringsek

Adapun untuk komposisinya, kecelakaan pada pekan lalu didominasi oleh kendaraan sepeda motor dengan jumlah 1.821 kasus. Kemudian disusul angkutan barang (truk) dengan 376 kasus dan angkutan orang (bus) dengan 267 kasus.

Meninjau dari segi usia pelaku penyebab kecelakaan, pekan ini didominasi oleh remaja muda dengan rentang umur 22-29 tahun, dengan catatan 418 kasus.

Walaupun banyak hujan pada pekan lalu, laka lantas terbanyak justru terjadi saat kondisi cuaca cerah tidak berawan, dengan besaran 1.774 kasus.

Tercatat sebanyak 285 kasus laka yang berujung meninggal pada pekan lalu, dengan rasio fatalitas sebesar 1:5, artinya satu orang meninggal dunia setiap lima kali kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com