Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Bocoran Harga Mobil BYD | Video Mobil Jatuh ke Selokan Saat Cuci di Carwash | Peredaran Oli Palsu Makin Marak

Kompas.com - 20/01/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan mobil listrik asal China, BYD, resmi mengumumkan akan memasarkan produknya di Indonesia. Tapi, harganya belum diumumkan dan baru sekadar memberikan bocoran.

Selain berita tentang BYD, tak sedikit juga pembaca yang penasaran dengan video viral yang memperlihatkan mobil jatuh ke selokan saat cuci di tempat pencucian mobil. Tak ketinggalan, berita tentang peredaran oli palsu yang makin marak dan meresahkan konsumen juga banyak dibaca.

Baca juga: Komparasi BYD Atto 3 dan Chery Omoda E5, Mana yang Lebih Unggul?

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Jumat (19/1/2024):

1. Bocoran Harga Mobil BYD, mulai Rp 450 Jutaan

Ilustrasi mobil listrik BYD DolphinKOMPAS.com/APRIDA MEGA NANDA Ilustrasi mobil listrik BYD Dolphin

Build Your Dreams (BYD), produsen mobil listrik asal China resmi memasuki pasar Indonesia, Kamis (18/1/2024). BYD turut meluncurkan tiga lini produk unggulannya, yakni Seal, Atto 3 dan Dolphin.

Meski sudah diperkenalkan secara resmi, BYD belum mengumumkan harga resmi dari ketiga mobil listriknya itu. President Director PT BYD Motor Indonesia Eagle Zhao mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat pihak BYD belum mengumumkan soal harga.

Baca juga: Bocoran Harga Mobil BYD, mulai Rp 450 Jutaan

2. Asosiasi Knalpot Tanya Balik Definisi Knalpot Brong ke Polisi

Jajaran Polres OKU menyita ribuan knalpot brong, Selasa (16/1/2024). 
ANTARA/Edo Purmana/24 Jajaran Polres OKU menyita ribuan knalpot brong, Selasa (16/1/2024).

Kepolisian melakukan tindakan tegas pada pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot brong. Sampai awal Januari 2024, Kepolisian telah memusnahkan sebanyak 430.000 knalpot brong.

Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kakorlantas) Irjen Pol Aan Suhanan, menjelaskan, upaya ini dilakukan untuk menjaga ketertiban lalu lintas dan mengurangi polusi suara.

Baca juga: Asosiasi Knalpot Tanya Balik Definisi Knalpot Brong ke Polisi

3. Video Mobil Jatuh ke Selokan Saat Cuci Mobil di Carwash

Cuci mobil hidrolikKOMPAS.com/Gilang Cuci mobil hidrolik

Viral di media sosial video yang memperlihatkan satu unit mobil Honda Brio terperosok ke dalam selokan. Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok bernama @bagusrahmad1, terlihat Honda Brio masuk ke dalam selokan dengan keadaan terbalik.

Dijelaskan dalam narasi tersebut bahwa mobil hendak dicuci di salah satu carwash.

“Hidup lagi capek-capeknya mobil di cemplungin sama carwash,” tulis narasi dalam video tersebut.

Baca juga: Video Mobil Jatuh ke Selokan Saat Cuci Mobil di Carwash

4. Ini yang Bikin Mobil Matik Tidak Kuat Nanjak

Relawan SAR DIY Distrik Bantul bersama Polri, TNI, Satpol-PP, Paksi Katon dan dibantu sejumlah unsur relawan lainnya membantu pengemudi yang tak kuat menaklukkan tanjakan di Jalur Cinomati, Bantul, Senin (30/12/2019).Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin Relawan SAR DIY Distrik Bantul bersama Polri, TNI, Satpol-PP, Paksi Katon dan dibantu sejumlah unsur relawan lainnya membantu pengemudi yang tak kuat menaklukkan tanjakan di Jalur Cinomati, Bantul, Senin (30/12/2019).

Kemampuan mobil dalam melibas tanjakan dipengaruhi oleh beberapa faktor, terutama soal performa, bobot kendaraan dan kemampuan pengemudi. Performa kendaraan juga ada dua sektor yakni bagian transmisi dan mesin.

Jika salah satu performanya buruk maka mobil berpotensi tidak akan mampu melibas tanjakan. Kali ini, redaksi akan membahas beberapa faktor yang dapat mempengaruhi mobil matik tidak kuat menanjak.

Baca juga: Ini yang Bikin Mobil Matik Tidak Kuat Nanjak

5. Peredaran Oli Palsu Makin Marak, Konsumen Harus Lebih Kritis

Barang bukti oli palsu diamankan Polres KepahiangPolres Kepahiang Barang bukti oli palsu diamankan Polres Kepahiang

Peredaran oli atau pelumas sepeda motor palsu semakin menghawatirkan. Sebab kemasannya sangat mirip dengan yang asli. Bahkan, penyebaran oli palsu tidak hanya merambah toko online, melainkan sudah masuk ke bengkel motor besar, hingga toko spare part.

Meski polisi sudah mengungkap sejumlah pabrik oli palsu seperti di Tangerang dan Sidoarjo, peredarannya masih tetap masif. Sebab hingga kini oli-oli palsu masih bisa ditemui di bengkel motor dan toko suku cadang.

Baca juga: Peredaran Oli Palsu Makin Marak, Konsumen Harus Lebih Kritis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com