Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi BYD Atto 3 dan Chery Omoda E5, Mana yang Lebih Unggul?

Kompas.com - 19/01/2024, 09:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BYD resmi memulai debutnya di Tanah Air pada Kamis (18/1/2024). Produsen mobil listrik dari negeri Tiongkok ini membawa tiga lini produk unggulannya, salah satunya adalah BYD Atto 3.

Mobil listrik ini bakal menjadi rival dari Omoda E5 yang lebih dulu diperkenalkan di Indonesia, sejak akhir 2023.

Jika sudah resmi dijual di Indonesia, kedua mobil ini diyakini akan menjadi pilihan masyarakat karena berpotensi mendapatkan insentif PPN dari pemerintah.

Bicara soal bentuk, baik BYD Atto 3 dan Omoda E5 sama-sama mengusung desain crossover yang modern dan futuristis. Namun, tampilan Omoda E5 terlihat lebih agresif dengan bentuk lampu utama yang tajam dan menyipit.

Baca juga: Populasi Kendaraan Listrik Makin Banyak, Shell Mengaku Tidak Khawatir

Secara dimensi BYD Atto 3 memiliki panjang 4.290 mm, lebar 1.770 mm dan tinggi 1.570 mm. Sedangkan Omoda E5 memiliki panjang 4.424 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.588 mm. Dengan kata lain, Omoda E5 memiliki dimensi yang lebih panjang, lebar, dan tinggi dibanding BYD Atto 3.

Peresmian produksi Chery Omoda E5 di IndonesiaKOMPAS.com/Fathan Peresmian produksi Chery Omoda E5 di Indonesia

Interior

Berlanjut ke interior, kabin BYD Atto 3 kental dengan nuansa sporty berkat kelengkapan bucket seat. Tampilan dasbor tampak begitu modern dengan model kisi-kisi AC dan hendel pintu yang tidak biasa.

Mobil ini juga sudah dibekali dengan head unit 12,8 inci yang bisa diputar sesuai keinginan (tampilan landscape atau potrait). Head unit sudah terkoneksi fitur Bluetooth, phone connectivity, dan audio streaming.

Semakin menambah kesan mewah, BYD Atto 3 juga sudah dibekali dengan panoramic glass roof.

Sementara itu, dasbor Chery Omoda E5 secara keseluruhan tampak sama dengan Omoda 5 versi standar, namun tampilan interiornya kini mengusung warna biru dan beige.

Versi listrik dari Omoda 5 ini masih dibekali layar ganda yang mencakup head unit dan cluster instrument 24,6 inci. Head unit sudah terkoneksi dengan Bluetooth dan USB, serta dibekali sistem audio dari Sony.

Baca juga: Asosiasi Knalpot Tanya Balik Definisi Knalpot Brong ke Polisi

Interior BYD Atto 3Kompas.com/Nanda Interior BYD Atto 3

Kabin Omoda E5 juga tak kalah mewah, sebab mobil listrik asal negeri tirai bambu ini juga sudah dibekali dengan sunroof.

Jarak Tempuh

Tak kalah penting adalah soal daya jelajah atau jarak tempuh kedua mobil listrik ini. BYD Atto 3 tersedia dalam dua varian, Dynamic Standar Range dibekali dengan baterai berkapasitas 44,9 kWh yang mampu menempuh jarak tempuh 410 Km (berdasarkan NEDC).

Kemudian, varian Premium Extended Range dibekali baterai berkapasitas 60,48 kWh yang punya daya jelajah 490 Km (berdasarkan NEDC)

Sementara itu, Omoda E5 bakal dibekali baterai berkapasitas 61,06 kWh yang mampu menempuh jarak 430 Km. Daya jelajah tersebut didapat dengan metode WLTC.

Dari data di atas, Omoda E5 lebih unggul dari segi dimensi. Sementara BYD Atto 3 varian tertinggi memiliki keunggulan dari segi jarak tempuh.

Baca juga: Luhut Mau Naikkan Pajak Mobil dan Motor Konvensional

Desain interior dan dasbor Chery Omoda E5KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Desain interior dan dasbor Chery Omoda E5

Sayangnya, belum diketahui apakah Omoda E5 bakal tersedia dengan beberapa varian seperti BYD Atto 3. Kedua pabrikan asal China tersebut juga belum memberikan informasi terkait harga. Jadi mari kita tunggu saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com