Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Parkir Mobil yang Aman Saat Musim Hujan

Kompas.com - 11/01/2024, 18:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika musim penghujan, pemilik mobil harus pintar mencari tempat parkir agar terhindar dari genangan air akibat curah hujan yang tinggi.

Sebab jika mobil tergenang air hujan, berbagai kerusakan serius pada mesin, transmisi, kaki-kaki, bahkan eksterior dan interior bisa terjadi.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, parkir saat musim hujan memang mengkhawatirkan sehingga harus diperhitungkan dengan baik.

Baca juga: Sepak Terjang MG4 EV di Indonesia, dari CBU hingga CKD

Seorang pria mengarungi mobil yang terendam air di jalan saat hujan deras di distrik Gangnam, Seoul pada 8 Agustus 2022.AFP/YONHAP Seorang pria mengarungi mobil yang terendam air di jalan saat hujan deras di distrik Gangnam, Seoul pada 8 Agustus 2022.

 

Parkir saat musim hujan memang ngeri-ngeri sedap, salah satu faktor yang harus diperhitungkan adalah adanya banjir,” ucap Sony kepada Kompas.com, Kamis (11/1/2024).

Sony mengimbau, bagi pemilik mobil yang akan parkir kendaraan walaupun hanya sebentar diharapkan harus tetap waspada.

“Pastikan parkir dengan aman walaupun hanya parkir sebentar sesuai, jangan merasa mager sebab bisa berdampak terkurung banjir,” ucap Sony.

Selain itu, ketika harus parkir di dalam gedung, pastikan tidak memilih basement sebab sangat berisiko terkena banjir ketika hujan deras.

Baca juga: Cara Daftar Tarif Khusus untuk Naik Teman Bus

Mobil yang terparkir di basement apartemen di kawasan Cisauk, Kabupaten Tangerang, terendam banjir, Kamis (28/12/2023). Banjir itu disebabkan adanya tanggul sungai di sekitar apartemen jebol lantaran tak luat menampung debit air setelah diguyur hujan. Dolumen BPBD Kabupaten Tangerang Mobil yang terparkir di basement apartemen di kawasan Cisauk, Kabupaten Tangerang, terendam banjir, Kamis (28/12/2023). Banjir itu disebabkan adanya tanggul sungai di sekitar apartemen jebol lantaran tak luat menampung debit air setelah diguyur hujan.

“Jika memungkinkan parkir di dalam gedung tetapi di upper jangan di basement, jika terpaksa usahakan di P1 tetapi dengan catatan ada P2 dan P3,” ucap Sony.

Kemudian, jika pemilik mobil harus parkir di luar, pastikan lingkungan areanya aman dan lebih tinggi dari sekitarnya.

“Kalau outdoor, lihat sekitar lingkungan apakah areanya di atas level sekitar atau ada daerah yang lebih rendah. Apabila lebih rendah sebaiknya urungkan untuk parkir disana,” ucap Sony.

Sony juga mengimbau kepada pemilik mobil yang akan parkir, posisinya lebih tinggi dari jalan dan ada sistem drainasenya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com