Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Liburan, Ini 5 Poin Pengecekan Mobil yang Tak Boleh Diabaikan

Kompas.com - 10/01/2024, 15:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai melakukan perjalanan libur akhir tahun, ada baiknya mobil yang digunakan ikut dimanjakan melalui beberapa perawatan yang sebenarnya tak boleh disepelekan.

Perawatan dilakukan agar mobil tetap prima saat kembali digunakan untuk mobilitas. Apalagi bagi yang menempuh perjalanan jarak jauh ke luar kota, melewati medan bervariasi, kemacetan, dan lainnya.

Total ada lima poin perawatan penting yang harus diperhatikan pemilik mobil. Bentuk perawatannya bisa dilakukan mandiri atau langsung menyambangi bengkel resmi terdekat.

Baca juga: Harga Xpander, Pajero Sport, Triton, dan L300 Kompak Naik Awal 2024

Kelima poin yang wajib di cek usai melakukan perjalanan jauh libur akhir tahun terdiri dari ;

Ilustrasi mengecek oli mesin motorDok. DAM Ilustrasi mengecek oli mesin motor

1. Oli : tingginya suhu mesin dapat membuat performa oli menurun dan volume-nya berkurang. Pastikan tidak terdapat kebocoran dengan melihat adanya rembesan oli atau tidak.

2. Kaki-Kaki: Kondisi medan jalan yang bervariasi, memaksa komponen ini bekerja ekstra dalam menopang bodi kendaraan. Pastikan memeriksa kondisi shockabsorber, lower-arm, dan jangan lupa keausan ban beserta tekanan angin.

3. Rem: Perjalanan panjang dan macet dalam waktu lama, memberikan beban pengereman bekerja lebih keras. Pastikan ketebalan kampas rem masih dalam keadaan yang baik dan mengganti komponen ini bila memang sudah mencapai batas maksimal dan jangan lupa memantau minyak rem sesuai rekomendasi yang telah ditentukan.

4. Filter Bahan Bakar: Selama perjalanan mudik, kadang terpaksa mengisi bahan bakar tidak sesuai dengan kualitas yang direkomendasikan karena ketersediaan bahan bakar di area tersebut. Pastikan mengecek filter bahan bakar, dan dapat menggantinya bila diperlukan untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

Baca juga: Ganti Ban Baru, Cek Daftar Harga Ban Mobil per Januari 2024

Ban mobil bisa bocor dan sulit ditambal karena batu yang menempelIvan Radic/Flickr Ban mobil bisa bocor dan sulit ditambal karena batu yang menempel

5. Interior dan Filter AC: Pastikan interior kendaraan bersih dari sisa makanan dan minuman di dalam kabin. Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari kabin hingga bagasi agar tidak menyebabkan aroma yang tidak sedap dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam dan jangan lupa bersihkan saringan udara AC.

"Selain pemeriksaan manual secara mandiri, dapat juga mempercayakan kendaraan kesayangannya dengan membawa ke bengkel resmi Daihatsu terdekat yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap serta teknisi profesional agar kondisi mobilnya tetap prima setelah digunakan dalam perjalanan panjang," kata tim teknisi Daihatsu, dalam keterangan resminya, Selasa (9/1/2024).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com