Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Resmikan Terminal Bus Pakupatan Serang, Banten

Kompas.com - 08/01/2024, 15:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo kembali meresmikan revitalisasi terminal bus atau terminal angkutan massal tipe A, kali ini Terminal Pakupatan, Serang, Banten, Senin (8/1/2024). 

Seperti revitalisasi yang dilakukan di sejumlah terminal, Terminal Pakupatan mengusung konsep mixed use.

Sebuah konsep terminal modern multifungsi dengan tiga fungsi utama meliputi fungsi sebagai tempat naik turun penumpang bus, fungsi sebagai penggerak perekonomian daerah dan fungsi sebagai pusat kegiatan sosial, seni dan budaya.

"Saya senang sekali terminal Pakupatan ini jadi ramai,setiap harinya bisa 400 bus. Ini sangat bagus, indah dan modern. Jumlah busnya bertambah, pergerakan bertambah maka akan menunjukan penumpang yang menggunakan transportasi umum juga bertambah, itu yang kita harapkan," kata Jokowi pada siaran langsung di Youtube Sekertariat Presiden, Senin (8/1/2024).

Setiap harinya terminal dengan luas lahan 30.569 meter persegi ini, melayani 359 bus yang beroperasi. Rinciannya, 265 bus melayani trayek antar kota antar provinsi (AKAP) dan 94 bus melayani trayek antar kota dalam provinsi (AKDP).

Baca juga: Simak Biaya Pembuatan SIM C, SIM C I, dan SIM C II Awal 2024

Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta TimurKOMPAS.com/GADING P Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur

Adapun terminal ini melayani 84 trayek bus AKAP dan 23 trayek AKDP. Sementara, jumlah rata-rata penumpang yang dilayani sekitar tiga ribu lebih penumpang per hari.

"Terminal bus kini juga meninggalkan image yang terkenal menyeramkan tempat preman, kini terminal tempat yang nyaman dan aman dengan pelayan yang baik," kata Jokowi.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, terminal ini sudah ada sejak tahun 1995 yang berfungsi melayani angkutan massal dalam kota, bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan bus antarkota dalam provinsi (AKDP),

“Mulai tahun 2022 kami lakukan revitalisasi dengan fungsi dan fasilitas yang lebih lengkap. Sehingga masyarakat semakin nyaman untuk datang ke terminal,” kata Menhub pada keterangan resmi. 

Baca juga: Jokowi Resmikan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, Simak Tarif Tol Cijago

Budi menjelaskan, sejak adanya pelimpahan kewenangan pengelolaan Terminal Tipe A dari pemerintah daerah ke pemerintah pusat, revitalisasi Terminal Tipe A menjadi salah satu program prioritas pemerintah.

“Kami terus meningkatkan fasilitas terminal selayaknya bandara, agar semakin meningkatkan minat masyarakat menggunakan transportasi massal khususnya bus,” kata Menhub.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com