Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Spooring, Setiap Mobil Punya Setelan Roda Berbeda

Kompas.com - 07/01/2024, 10:25 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Setelan roda atau wheel alignment pada suatu mobil sudah ditentukan nilai sudutnya dari pabrikan. Sehingga, satu mobil dengan lainnya bisa berbeda-beda karena karakternya pun tidak sama.

Beberapa sudut roda yang biasanya disetel saat mobil melakukan spooring adalah camber, dan toe sedangkan caster bersifat paten dengan kata lain tidak bisa disetel.

Ternyata setiap mobil memiliki setelan baku untuk sudut rodanya, sehingga tidak bisa disamaratakan.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan setiap mobil memiliki spesifikasi baku untuk setelan roda baik camber, caster dan toe.

Baca juga: Jangan Abai, Ini 3 Indikasi Roda Mobil Minta Spooring

Ilustrasi ban mobil.PIXABAY/MIKES-PHOTOGRAPHY Ilustrasi ban mobil.

“Mobil A mugkin saja tidak sama dengan mobil B angka standar setelannya dari pabrikan, karena setiap mobil memiliki karakter yang beda-beda, mobil niaga dengan mobil kencang misal,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Jumat (5/1/2024).

Zulpata mengatakan, perbedaan tersebut merupakan wujud penyesuaian dari pabrik atas kebutuhan mobil.

“Misal mobil niaga maka dibutuhkan kemudi yang ringan, sehingga sudut rodanya perlu disesuaikan, sedangkan mobil kencang butuh kemudi stabil maka sudut roda bisa disetel yang menunjang kebutuhan tersebut,” ucap Zulpata.

Baca juga: Usai Dipakai Liburan Panjang, Apakah Mobil Wajib Spooring?

Ilustrasi rotasi ban mobil rutin untuk mencegah keausanBridgestone Ilustrasi rotasi ban mobil rutin untuk mencegah keausan

Mobil-mobil dengan bawaan pabrik, belum ada ubahan maka penyetelan spooring harus mengikuti data bawaannya. Sedangkan mobil modifikasi harus ada penyesuaian penyetelan roda.

“Penyetelan sudut roda bisa dilakukan pada mobil modifikasi ataupun pemakaian harian sekalipun, itu sebabnya dalam melakukan spooring tidak boleh asal harus terukur dengan baik,” ucap Zulpata.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan sebaiknya penyetelan sudut roda dilakukan menggunakan alat spooring agar lebih akurat.

Baca juga: Wajib Spooring dan Balancing, Pemeriksaan Kaki-kaki Saja Tidak Cukup


Spooring yang benar bisa dilakukan menggunakan alat, sedangkan dalam kondisi darurat bisa dilakukan secara manual, konsekuensinya hasilnya tidak optimal,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (6/1/2024).

Jadi, melakukan spooring tidak boleh asal bila menginginkan hasil optimal dan akurat. Terlebih lagi setiap mobil memiliki standar sudut roda masing-masing dari pabrikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com