Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Diprediksi Hujan Deras, Wajib Batasi Kecepatan Berkendara

Kompas.com - 06/01/2024, 13:22 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan adanya potensi cuaca ekstrim dengan intensitas hujan lebat di Provinsi DKI Jakarta.

Cuaca ekstrim ini disinyalir terjadi hingga Rabu (10/1/2024) dan tersebar di seluruh wilayah. Informasi ini juga dipastikan oleh pihak Pemprov DKI Jakarta dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta.

“Berdasarkan siaran pers BMKG, hasil analisis terkini mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan di beberapa wilayah Indonesia,” tulis Pemprov DKI dalam unggahan akun resmi, dikutip Kompas.com (6/1/2024).

Menyikapi situasi ini, masyarakat diimbau untuk senantiasa waspada dan berhati-hati, karena datangnya cuaca ekstrim pasti berpotensi memunculkan beberapa resiko, khususnya dalam hal berkendara.

Baca juga: Ganti Ban Baru, Cek Daftar Harga Ban Mobil per Januari 2024

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by BPBD DKI Jakarta (@bpbddkijakarta)

Kasubditlaka Ditgakkum Korlantas Polri Kombes Pol Hotman Sirait menjelaskan, potensi kecelakaan lalu lintas karena faktor alam dan lingkungan bisa meningkat saar kondisi cuaca buruk.

“Dalam meninjau potensi kecelakaan, ada istilah anatomy of traffic accidents yang membahas faktor-faktor apa saja yang bisa mempengaruhi laka. Ada (faktor) manusia, kendaraan, jalan, dan cuaca. Cuaca ini cukup banyak mempengaruhi,” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com, Kamis (4/1/2024).

Supaya berkendara tetap aman dan jauh dari resiko kecelakaan, Hotman meminta pengendara untuk selalu menaati aturan dan mempersiapkan semua aparatus keselamatan, seperti helm, jas hujan, dan sejenisnya.

Baca juga: Musim Hujan Ada Peluang Motor Mogok, Jangan Distut Bahaya

Kondisi jalan basah setelah hujan derasKompas.com/Daafa Alhaqqy Kondisi jalan basah setelah hujan deras

Poin lain yang tidak boleh dilupakan adalah membatasi kecepatan berkendara. Saat musim hujan, pengendara dianjurkan untuk tidak melaju dengan kencang.

“Semua jenis jalan sudah memiliki batas kecepatan maksimum yang ditentukan dalam undang-undang. Jika kondisi hujan sangat deras atau tidak hujan tapi jalan basah, kecepatan sebaiknya dibatasi,” kata dia.

Optimalnya, kecepatan yang dianjurkan saat melaju di tengah hujan atau jalan basah adalah sekitar 40 kpj saja. Angka ini dinilai aman dan bisa mereduksi potensi kecelakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com