Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BYD Seal dan Atto 3 Tertangkap Kamera di Tol JORR, Sedang Dikirim

Kompas.com - 05/01/2024, 19:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan mobil listrik raksasa asal China, BYD, agaknya makin serius untuk masuk ke pasar Tanah Air.

Setelah sempat melakukan pertemuan dengan Pemerintah RI dan media, kini terpantau beberapa produknya sudah mulai didistribusikan ke jaringan diler. Momen tersebut diabadikan pemilik Instagram @grey_zenix. 

Dalam foto terkait, terlihat bahwa terdapat dua model mobil listrik berjumlah 6 unit yang diangkut oleh kendaraan barang di tol JORR. Apabila mencocokkannya dengan jajaran produk BYD yang sudah ada, diduga mobil itu ialah Seal dan Atto 3.

Baca juga: 600.000 Kendaraan Lewat Pelabuhan Penyeberangan selama Libur Nataru

Tangkapan layar pengiriman mobil listrik BYDInstagram grey_zenix Tangkapan layar pengiriman mobil listrik BYD

Dugaan pun semakin kuat mengingat Seal dan Atto 3 juga sempat tertangkap kamera sedang melakukan uji jalan di ruas tol Jakarta.

Sayangnya, pihak BYD masih belum memberikan tanggapan ketika dihubungi. Apabila benar, maka BYD akan langsung menantang dua segmen kendaraan listrik sekaligus dalam debutnya di Indonesia, yaitu sedan mewah seperti Ioniq 6 dan SUV crossover.

Dilansir carexpert, Seal memiliki panjang 4.800 mm, lebar 1.875 mm, tinggi 1.460 mm serta jarak sumbu roda 2.920 mm, lebih kecil dari Hyundai Ioniq 6.

Di tatanan global, Seal punya tiga tipe tergantung kekuatan motor listriknya. Versi entry level BYD Seal Dynamic dibekali motor listrik tunggal yang dapat menghasilkan tenaga 204 PS dan torsi 310 Nm.

Baca juga: Sepanjang Tahun 2023, Chery Menjual Lebih dari 1,8 Juta Unit Kendaraan

BYD Atto 3byd.com BYD Atto 3

Kemudian versi tengah, Seal Premium, mengusung motor listrik tunggal yang maksimal 313 PS dan torsi 360 Nm. Adapun versi tertinggi AWD Performance pakai dua motor listrik yang menghasilkan 530 tk dan torsi 670 Nm.

Sementara Atto 3 memiliki dimensi panjang 4.455 mm, lebar 1.875 mm dan tinggi 1.615 mm dengan jarak sumbu roda 2.720 mm.

Mobil ini dibekali baterai berkapasitas 60.48 kWh, dikombinasikan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 210 hp dan torsi 310 Nm. Dengannya, kendaraan bisa melaju dari 0-100 km hanya dengan waktu 7.3 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com