Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cekcok di Jalan Bukan Urusan Siapa yang Benar, Harus Sabar

Kompas.com - 06/11/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini baru saja kejadian pengendara motor gede yang berselisih paham dengan motor kecil. Videonya viral di media sosial, terlihat dua orang yang baku hantam.

Sumber pertama yang mengunggah video tersebut adalah akun dari hallo.denpasar, di mana terlihat motor gede yang tergeletak di jalan. Kemudian ada dua orang yang cekcok sambil coba dipisah oleh pengendara lain.

Berdasarkan keterangan di video, kejadiannya berlangsung di perempatan Lukluk, Minggu (5/11/2023). Belum jelas apa penyebabnya kedua pengendara bisa cekcok di jalan.

Baca juga: Waspada, Motor Paling Sering Tertabrak di Perlintasan Kereta

 

Menurut Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, kemungkinan besar penyebab dari perkelahian di jalanan adalah adana salah paham, salah komunikasi.

"Yang terpenting adalah saat di jalan raya memang harus banyak bersabat. Harus fokus tujuan kita adalah ingin selamat sampai tujuan, artinya harus bisa antisipasi lingkungan berkendara agar tidak terpancing emosi," kata Agus kepada Kompas.com, Minggu (5/11/2023).

Bicara soal lingkungan berkendara, memang sering sekali ditemukan orang yang memotong lajur sembarangan, memainkan gas berlebihan, dan sebagainya. Perilaku seperti itu yang kadang sangat mudah menyulut emosi.

Baca juga: Diskon Suzuki Akhir Tahun, Suzuki XL7 Diskon Rp 40 juta DP Nol


"Jika salah satu pengendara lebih sabar dan tidak terpancing emosinya maka tidak ada perkelahian yang terjadi. Pengendara yang smart adalah mereka yang berkendara dengan hati-hati, menjauh dari setiap gangguan pengendara lain," kata Agus.

Soal motor gede dan motor kecil, tidak pengaruh ke karakter pengendaranya. Banyak pengendara motor kecil yang ugal-ugalan dan emosian, begitu juga dengan motor gede.

Cuma, banyak juga ditemui pengendara motor gede dan motor kecil yang santun dan punya etika yang baik saat berkendara. Jadi semuanya tergantung dari pribadi masing-masing pengendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com