Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Stoner Untuk Datangkan Kembali Suzuki dan Kawasaki ke MotoGP

Kompas.com - 01/01/2024, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki dan Suzuki adalah dua pabrikan yang pernah merasakan persaingan di MotoGP, tapi lalu keluar karena alasan finansial. Casey Stoner memiliki ide agar kedua pabrikan tersebut bisa kembali masuk ke MotoGP.

Kawasaki keluar dari MotoGP sejak lama, lalu fokus di World Superbike (WorldSBK). Sementara Suzuki, sempat kembali ke MotoGP selama beberapa tahun, tapi memutuskan untuk hengkang lagi.

Baca juga: Casey Stoner Akhirnya Ungkap Alasan Lengkap Hengkang dari MotoGP

Stoner yakin bahwa salah satu alasan untuk bisa mempertahankan pabrikan roda dua di MotoGP adalah regulasi yang konsisten. Selain itu, berapa lama regulasi tersebut berlaku dan juga dana yang dibutuhkan.

Joan Mir saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna@joanmir36official Joan Mir saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna

"Kami terus berpikir bahwa Anda tak bisa menghentikan perkembangan ini. Tapi Anda bisa, terutama di kejuaraan prototipe." ujar Stoner, saat berbicara kepada TNT Sports, dikutip dari Crash.net, Senin (1/1/2024).

"Kami tidak membutuhkannya di jalanan, jadi kami bisa mengatur apa yang kami lakukan. Kami membutuhkan seperangkat aturan yang pada dasarnya berlaku selama 10 tahun. Para pabrikan masuk, tahu apa yang bisa mereka sisihkan untuk anggaran, realistis. Bawa Suzuki kembali, Kawasaki, dan pabrikan lainnya," kata Stoner.

Baca juga: Casey Stoner Sarankan Motor MotoGP Kurangi Teknologi Canggih

Kawasaki Ninja ZX-RR di MotoGPWikipedia Kawasaki Ninja ZX-RR di MotoGP

Menurutnya, para pabrikan tahu bahwa peraturannya akan sama selama 10 tahun. Sehingga, tidak ada alasan untuk tiba-tiba mengatakan tidak memiliki anggaran.

Namun demikian, pengembangan teknologi di MotoGP bisa saja jadi terhenti. Padahal biasanya, teknologi baru yang diterapkan di MotoGP, akan dikembangkan untuk kemudian diturunkan ke motor produksi massal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com