Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Mobil Baru Keluar Diler Kecelakaan Saat Dikirim ke Konsumen

Kompas.com - 31/12/2023, 10:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat membeli mobil baru maka mobil akan dikirim dari diler ke konsumen. Biasanya mobil akan dibawa jalan oleh sopir dari diler ke rumah konsumen untuk serah terima.

Proses ini yang kadang berisiko sebab dari diler ke rumah konsumen apapun bisa terjadi.

Baca juga: Belajar dari Kasus Bus di Samarinda, Lebih Baik Mengalah jika Bertemu Sopir Ugal-ugalan

Seperti dalam video yang diunggah akun TikTok, masraflitoyota, yang menceritakan kisahnya mengirimkan mobil baru ke konsumen. Namun saat di jalan diserempet oleh pengendara sepeda motor.

Sederet mobil baru yang disebut milik kepala dinas di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terparkir di halaman Balai Kota pada Rabu (27/12/2023). KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi Sederet mobil baru yang disebut milik kepala dinas di Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terparkir di halaman Balai Kota pada Rabu (27/12/2023).

Dalam profilnya, diketahui bahwa pemilik akun bernama Rafli dan sudah 11tahun menjadi sales multi brand. Redaksi Kompas.com sedang berusaha untuk menghubungi langsung yang bersangkutan.

"Hari ini gue kirim unit ke Parung mobbil udah siap kirim dan gue bawa sendiri. Pas sampe di daerah pamulang, posisi mobil berhenti karna macet, tiba tiba motor nyalip dari kiri. Tiba tiba tuh motor nyalip ke depan mobil, trus bunyi kenceng!," tulis penjelasan video, dikutip Minggu (31/12/2023).

Baca juga: 28.000 Kendaraan Kurang Saldo, Sebabkan Antrean di Gerbang Tol

"Motor langsung kabur, gue lgsg cari pom terdekat, trus gue cek, begini yg gue liat. Lemes gue!!! mana dikit lagi sampe tmpt customer. Gue parkir dan langsung koordinasi sama pihak dealer," tulisnya.

Tahu bahwa kondisi mobil yang dibawanya rusak, setelah memberitahu diler, Rafli kemudian menelepon konsumen untuk menjelaskan kondisinya.

Ilustrasi diler Toyota di Amerika.Nikkei Ilustrasi diler Toyota di Amerika.

"Gue telp customernya, ceritain keadaannya & kirim buktinya. Alhamdulillah dpt cust yg baik, dia menggerti kalo itu musibah, gue diminta beresin dulu baru nnt dikirim," tulisnya.

Dalam penjelasannya, Rafli kemudian membawa kembali Toyota Raize warna kuning itu kembali ke diler. Dia awalnya takut dimarahi atau kena sanksi karena baru pertama kali mengalami kejadian tersebut, namun menurut pengakuannya semua baik-baik saja.

Menanggapi video tersebut, Dwi Nanda, pendiri okmobil.co.id, diler mobil online multi brand area Jabodetabek, mengatakan, sebelum mobil serah terima kepada konsumen maka mobil masih di bawah tanggung jawab diler.

Baca juga: Rekam Jejak MotoGP 2023, Hal dan Sejarah Baru di Musim Ini?

Toyota RaizeKOMPAS.COM/Setyo Adi Toyota Raize

"Mobil itu di-cover (terlindungi) asuransi. Mobil itu sebetulnya begini, mobil sebelum dikirim ke konsumen itu dilindungi dan ada asuransinya," ujar Nanda kepada Kompas.com, Sabtu (30/12/2023).

Artinya kata Nanda, bila dalam pengiriman mobil mengalami kendala atau dalam kasus ini lecet terserempet oleh motor maka mobil akan dibawa kembali ke diler untuk diperbaiki.

Mobil akan dikirim kembali ke konsumen usai diperbaiki dan konsumen tidak akan dibebankan biaya apapun.

"Mobilnya ditarik dulu (tidak jadi dikirim ke konsumen). Sebelum serah terima ke konsumen itu masih tanggung jawab diler," ujar Nanda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com