Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

28.000 Kendaraan Kurang Saldo, Sebabkan Antrean di Gerbang Tol

Kompas.com - 30/12/2023, 16:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 28.0047 kendaraan mengalami masalah kekurangan saldo pada kartu uang elektronik ketika melakukan perjalanan libur Natal dan Tahun Baru.

Jumlah tersebut merupakan hitungan pada periode mudik Natal pada 18-28 Desember 2023 untuk kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang, saat melakukan transaksi perjalanan dari Cikampek menuju Semarang.

Akibat masalah tersebut, terjadi kepadatan yang membuatn antrean di Gerbang Tol. Karena itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau untuk melakukan pengecekan saldo sebelum melakukan perjalanan.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana menjelaskan, jumlah tersebut adalah 8,71 persen dari total 322.058 kendaraan yang melakukan transaksi di GT Kalikangkung.

Baca juga: Awas Terjebak Kemacetan Arus Balik, Hindari Tanggal Ini

Ilustrasi transaksi di Gerbang TolJASA MARGA Ilustrasi transaksi di Gerbang Tol

Dengan adanya saldo e-toll yang kurang dan dilakukannya top up di gardu tol, maka akan mengakibatkan waktu penundaan yang cukup signifikan.

"Dengan adanya waktu penundaan tersebut, kami mencatat rata-rata penurunan kapasitas transaksi gardu tol di GT Kalikangkung sebesar -5 persen per jam," ujar Lisye dalam keterangan resminya, Sabtu (31/12/2023).

Bila semula dalam 1 menit, lanjut Lisye, bisa melayani transaksi hingga lima kendaraan, jika pengguna jalan kurang saldo dan harus melakukan top up di gardu, maka waktu 1 menit akan hanya bisa melayani satu kendaraan saja.

Lisye mengingatkan, pengguna jalan dengan perjalanan menerus untuk arus balik, terutama dari arah Semarang menuju Jakarta, harus menyiapkan saldo minimal sebesar R p500.000.

Sedangkan untuk pengguna jalan dari Surabaya, agar menyiapkan saldo kartu uang elektronik minimal sebesar Rp 800.000.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Bila Ban Mobil Tiba-tiba Kempis di Tol?

Ilustrasi Top Up Karto TolJASA MARGA Ilustrasi Top Up Karto Tol

"Kami juga mengingatkan kembali kepada pengguna khususnya yang melakukan perjalanan di Jalan Tol-Trans Jawa dengan sistem transaksi tertutup (tarif sesuai jarak), hanya bisa menggunakan e-toll yang sama saat tap in dan tap out. Sehingga saat saldo kurang tidak bisa meminjam e-toll pengguna jalan lainnya. Untuk itu sekali lagi, pastikan kecukupan saldo e-toll untuk menghindari antrean di gerbang tol," kata Lisye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com