Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Terios Tampil Nyentrik Bergaya Street Racing

Kompas.com - 28/12/2023, 09:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Terios generasi lawas saat ini masih menjadi salah satu pilihan konsumen keluarga di Indonesia. Hal ini terbukti dengan populasinya yang masih banyak berseliweran di jalan Ibu Kota.

Meski generasi anyar sudah meluncur pada pertengahan 2023 lalu, tak membuat Terios lawas ditinggalkan penggemar. Bahkan beberapa pemilik justru melakukan modifikasi agar tampilan mobilnya tetap segar dan modern.

Seperti yang dilakukan Fernando Marcelino pada Daihatsu Terios TS Extra lansiran 2008.

Baca juga: H+1 Natal, Transaksi Gerbang Tol Jabotabek dan Jawa Barat Meningkat

Pria yang akrab disapa Nando ini mengaku memang memiliki hobi memodifikasi. Ia pun bercerita, sebelum merombak mobil yang diberi nama ‘Rio’ (Terios Nando) menjadi gaya racing stance, Nando sempat mengusung konsep modifikasi stance elegan selama bertahun-tahun.

“Konsep awalnya Rio ini adalah stance elegan. Konsep itu sudah dipakai sama Rio kurang lebih lima tahun. Lalu saya ingin Rio keluar dr zona nyaman dan pengen coba konsep seperti modifikasi yang ada di luar negeri yaitu racing stance,” ucap Rio, kepada Kompas.com, Rabu (27/12/2023).

Modifikasi Daihatsu Teriosdok pribadi Fernando Marcelino Modifikasi Daihatsu Terios

Nando pun mulai melakukan modifikasi pada mobilnya secara perlahan. Dimulai dari mengubah warna mobil dari sebelumnya Midnight Green, kemudian memilih wrapping stiker dengan warna Dandelion Yellow. Alhasil tampilannya terlihat begitu nyentrik.

Pada bagian eksterior, tampilan fascia tampak begitu agresif dengan custom headlamp, billed menggunakan UPS Waymaker LS650 dari Bullaes.

Ubahan selanjutnya adalah di bagian pelek, di mana pria berusia 25 tahun ini menggunakan HSR BOB R18, PCD 5x114, Lebar 8,5 (depan) ET 42 & Lebar 9,5 (belakang) ET 42 Warna Black With Bronze Machine Lips. Pelek tersebut dibalut dengan ban Accelera 205/40 R18 (depan) dan 215/40 R18 (belakang).

Tak hanya itu, Terios milik Nando juga sudah dibekali dengan custom per dan shock, serta knalpot yang sudah diganti menggunakan tailpipe.

Modifikasi Daihatsu Terios - Rio Photo by @alfin.photoworks Modifikasi Daihatsu Terios - Rio

Masuk ke bagian interior, pria yang menyukai dunia fotografer ini juga mengganti head unit bawaan dengan Intersys.

Layar MID menggunakan speedometer custom Mamang Project, sementara untuk shift knob dari OMP Racing.

Terios lawas ini juga tampil sporty berkat adanya 8 titik serat karbon di bagian interior, mulai dari door trim, head unit, speedometer, hingga speaker depan kiri-kanan.

Selain itu, Nando turut mengganti karpet bawaan dengan Engraver Carmat berwarna coklat tua. 

Adapun dari sektor jantung pacu tidak ada perubahan, masih mengusung mesin bawaan pabrik dengan kapasitas 1.500 cc.

Baca juga: Jumlah Tilang ETLE 2023 Naik 35,7 Persen, Nilai Denda Capai Rp 121,7 M

Secara keseluruhan, modifikasi Terios bergaya street racing milik Nando ini cukup menarik perhatian. Tentunya bisa dijadikan referensi bagi Anda pemilik Daihatsu Terios yang ingin tampil beda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com