Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] PO Aerobus Resmi Meramaikan Bisnis Transportasi, Pakai Double Decker | Cara Mengerem Motor Matik di Turunan Curam dan Panjang

Kompas.com - 28/12/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang berakhirnya 2023, PT Aerobus Transport Manunggal resmi meramaikan persaingan bisnis perusahaan otobus dengan meluncurkan layanan bus AKAP.

Pada kiprah pertamanya, PO asal Pekanbaru tersebut mengoperasikan bus premium untuk trayek Pekanbaru - Medan atau sebaliknya.

Selain itu, kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, merupakan salah satu destinasi wisata yang populer untuk masyarakat Jakarta dan sekitarnya merayakan Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Tak hanya mobil libur akhir tahun tersebut banyak digunakan oleh pengendara sepeda motor. Termasuk di antaranya memakai motor matik alias skutik untuk melakukan perjalanan jauh.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 27 Desember 2023:

 

1. PO Aerobus Resmi Meramaikan Bisnis Transportasi, Pakai Double Decker

Bus tingkat milik PO AerobusInstagram @aerobustransport Bus tingkat milik PO Aerobus

PO Aerobus langsung bermain pada segmen bus tingkat atau double decker yang punya dua kelas layanan dalam satu kendaraan. 

Layanan bus AKAP anyar ini tampil gagah dan mewah dengan visual kelir hitam dan sedikit sentuhan livery kuning keemasan pada beberapa titik.

Baca juga: PO Aerobus Resmi Meramaikan Bisnis Transportasi, Pakai Double Decker

2. Cara Mengerem Motor Matik di Turunan Curam dan Panjang

Mengendarai sepeda motor di jalan dengan tanjakan terjal atau turunan curam perlu kewaspadaan, keterampilan dan kesabaran.Foto: AHM Mengendarai sepeda motor di jalan dengan tanjakan terjal atau turunan curam perlu kewaspadaan, keterampilan dan kesabaran.

Seperti diketahui, motor matik menggunakan transmisi CVT yang minim engine brake. Sehingga mayoritas cara paling mudah untuk mengurangi laju kecepatan yaitu mengandalkan rem.

Baca juga: Cara Mengerem Motor Matik di Turunan Curam dan Panjang

3. Imbas Skandal, Toyota-Daihatsu Kasih Kompensasi ke Pemasok

Uji tabrak Daihatsu Xenia - ASEAN NCAPASEAN NCAP Uji tabrak Daihatsu Xenia - ASEAN NCAP

Daihatsu Motor Co Ltd., dilaporkan bakal memberikan kompensasi kepada 423 pemasok lokal di Jepang, termasuk model Toyota yang diproduksinya, yang berhubungan langsung dengan produk-produk terkena skandal.

Sebab, perusahaan memutuskan untuk menghentikan produksi dan pengiriman seluruh produk yang teridentifikasi skandal kecurangan pelaporan berbagai uji di beberapa pabriknya, terkhusus di Jepang.

Baca juga: Imbas Skandal, Toyota-Daihatsu Kasih Kompensasi ke Pemasok

4. Intip Kabin Bus Tingkat Terbaru DAMRI, Pakai Layanan Pramugari

Bus Tingkat DAMRIInstagram @tentrembusofficial Bus Tingkat DAMRI

Beberapa waktu lalu Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI) resmi meluncurkan dua unit bus anyar model double decker atau bus tingkat.

Sebelum resmi rilis, DAMRI juga pernah punya layanan bus tingkat yang beroperasi pada circa 1960-1990 di Indonesia. Berbeda dengan era sebelumnya, kali ini bus tingkat DAMRI jauh lebih modern dengan fasilitas sleeper bus.

Baca juga: Intip Kabin Bus Tingkat Terbaru DAMRI, Pakai Layanan Pramugari

5. Denza D9 MPV Mewah dari BYD, Bisa Jadi Penantang Alphard

Denza D9, MPV mewah bertenaga listrikKOMPAS.com/Azwar F Denza D9, MPV mewah bertenaga listrik
MPV (Multi Purpose Vehicle) premium adalah segmen yang ramai peminat. Banyak pabrikan yang menawarkan produknya di kelas ini, termasuk BYD, dengan sub-brand Denza, yang punya D9.

Denza adalah anak perusahaan BYD Auto, yang bekerja sama dengan Daimler AG. Berdasarkan data, Daimler AG memiliki 10 persen kepemilikan saham di Denza, dan 90 persen atau saham mayoritas dipegang BYD.

Baca juga: Denza D9 MPV Mewah dari BYD, Bisa Jadi Penantang Alphard

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com