Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Seberapa Kuat Ban Sebelum Ganti Ukuran, Disebut Load Index

Kompas.com - 25/12/2023, 12:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengganti ban wajib dilakukan ketika memang sudah aus atau mau memakai ukuran yang berbeda. Tapi, sebelum memilih ban yang baru, perhatikan juga load index yang ada di spesifikasi ban.

Load index merupakan angka yang menjelaskan kekuatan ban dalam menopang beban kendaraan. Pastikan sebelum ganti, cek load index di ban lama dan yang baru jangan sampai angkanya lebih rendah.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. memberi contoh, spesifikasi ban buat Toyota Innova Reborn bawannya adalah 205/65 R16 95H, load index adalah yang angka 95.

Baca juga: Ini yang Dirasakan Pengemudi Ketika Ban Mobil Kempis

Ilustrasi ban mobil.PIXABAY/MIKES-PHOTOGRAPHY Ilustrasi ban mobil.

"Jadi kalau mau diganti dengan ukuran lain, minimal angka load index-nya yang 95 atau lebih," kata Zulpata kepada Kompas.com, Minggu (24/12/2023).

Lebih jelas, load index adalah kekuatan dari ban memikul beban. Misal untuk angka yang 95 tadi, berdasarkan tabel, satu bannya bias menahan berat 690 Kg, berarti kalau semua ban, total bobotnya yang bisa dibawa adalah 2.760 Kg.

Semakin besar angka load index maka semakin kuat ban bisa membawa beban. Jadi usahakan jangan mengganti ban dengan yang load index-nya lebih rendah dari bawaan pabrik.

Baca juga: Avanza Alami Pecah Ban, Jangan Langsung Injak Rem Agar Selamat


Kalau misal mengganti dengan yang load index lebih rendah, maka sama saja dengan ban yang kekurangan tekanan udara. Ketika dia tidak kuat menahan beban, maka ban akan kelelahan dan lama-lama rusak.

"Selain itu kemampuan ban juga jadi menurun, handling jadi berat, stabilitas jadi turun, daya pengereman juga jadi turun," ucap Zulpata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com