Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menentukan Waktu Istirahat Saat Road Trip, Berpatokan Waktu atau Jarak?

Kompas.com - 21/12/2023, 07:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa libur Natal dan Tahun Baru (Natar) biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk rekreasi bersama keluarga. Baik itu melakukan perjalanan ke luar kota, atau mengunjungi sanak saudara di kampung halaman.

Saat melakukan perjalanan jauh, ada anjuran bermanfaat bagi para pelancong terkait keselamatan berkendara, khususnya dalam hal mengatur waktu istirahat.

Pelancong yang pergi liburan dengan mengendarai mobil biasanya tidak terlalu peka dalam mengatur waktu istirahat. Sebagian besar cenderung memilih untuk segera menyelesaikan perjalanan.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre (RDC) menjelaskan, sikap semacam ini sangat tidak dianjurkan, namun sayangnya masih banyak terjadi.

Baca juga: Jakarta-Yogyakarta Pakai Innova Zenix Hybrid, Ini Estimasi Biayanya

Ilustrasi rest area di jalan tolDok. Jasa Marga Ilustrasi rest area di jalan tol

“Kebanyakan pengendara baru beristirahat itu harus nunggu, ditunggu dulu kalau sudah capek sekali, ini keliru dan tidak safety,” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (20/12/2023).

Marcell membagikan satu anjuran safety driving saat berkendara jauh, yakni tentang pengaturan waktu istirahat yang baik dan benar.

Dia mengatakan, pelancong sebaiknya mengatur waktu istirahat berdasarkan waktu berkendara, bukan jarak tempuh. Idealnya, istirahat dilakukan selama 30 menit setelah dua jam berkendara.

“Jadi yang ideal itu istirahat setelah dua jam berkendara. Patokannya jangan tunggu sampai di kota A, Kota B. Setelah dua jam, sebaiknya menepi,” ucapnya.

Pola seperti ini memberikan banyak keunggulan bagi pengendara, yakni menjaga daya tahan, fokus pikiran, dan memberi kesempatan bagi tubuh untuk relaksasi sejenak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com