Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubah Kunci Manual Jadi Tombol, Bikin Mobil Lebih Aman dari Pencurian

Kompas.com - 19/12/2023, 20:41 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Sistem keyless atau push button memang banyak dijumpai pada mobil modern. Sehingga banyak konsumen ingin memiliki fitur canggih tersebut.

Alih-alih membeli mobil baru dengan fitur tersebut, konsumen bisa mengubah mobil yang sudah dimiliki menjadi sistem keyless. Modifikasi ini terbilang membutuhkan biaya cukup terjangkau tapi hasilnya memuaskan.

Yusuf, Pemilik Kunci Maestro Spesialis Immobilizer Key Yogyakarta mengatakan tidak hanya unik, memodifikasi kunci manual menjadi keyless juga bisa meningkatkan keamanan mobil dari pencurian.

Baca juga: Kunci Mobil Tertinggal di Dalam, Jangan Paksa Buka Kaca

 

“Modifikasi ini (mengubah kunci dengan sistem keyless) terkesan unik karena bawaan pabrik mobil ini masih pakai kunci manual dan tidak dibekali immobilizer, tapi kami bisa mengubahnya jadi lebih canggih,” ucap Yusuf kepada Kompas.com, Selasa (19/12/2023).

Yusuf mengatakan pihaknya memang tidak bisa mengubah mobil non immobilizer menjadi immobilizer, karena itu sudah menjadi bawaan pabrik yang tidak bisa diubah.

“Tapi kami bisa mengganti kunci manual menjadi keyless atau push button bahkan bisa lebih canggih seperti bisa menghidupkan mesin dari jarak jauh menggunakan remote aftermarket,” ucap Yusuf.

Baca juga: Hitung Berapa Biaya Duplikasi Kunci Mobil

Duplikasi kunci mobilKompas.com/Nanda Duplikasi kunci mobil

Menurut Yusuf beberapa kasus pencurian mobil aksesnya dengan memutar paksa silinder atau rumah kunci sehingga meski tanpa kunci yang sesuai posisi kontak bisa berubah menjadi On atau Start.

“Dengan mengganti anak kunci manual menjadi push button maka peluang mobil dibobol maling dengan kunci T menjadi tidak ada, pengamannya beralih ke modul alarm yang kami pasang,” ucap Yusuf.

Sehingga, dengan berubahnya kunci manual menjadi push button pencuri membutuhkan usaha lebih rumit untuk bisa membobol sistem keamanan yang ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com