Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Aman Simpan Barang di Mobil Saat Liburan

Kompas.com - 19/12/2023, 10:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) menjadi momen yang dinanti untuk dirayakan bersama keluarga dan kerabat.

Bagi Anda yang akan berlibur dengan mobil pribadi, pastikan menata barang bawaan dengan aman, sehingga perjalan akan menyenangkan.

Maka dari itu, apabila akan membawa barang yang terlalu banyak, pemilik mobil bisa menggunakan fasilitas bagasi terpisah.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting, Training Director The Real Driving Centre (RDC) mengatakan, bagi pemilik mobil yang bagasinya kecil bisa menggunakan tambahan bagasi.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Listrik per Desember 2023, Bertambah Binguo EV

Ilustrasi Honda BR-V saat menggunakan roof box lansiran ThuleKompas.com Ilustrasi Honda BR-V saat menggunakan roof box lansiran Thule

“Untuk membawa barang yang paling aman di bagasi yang terpisah dengan kabin, seperti mobil sedan, double kabin atau menggunakan roof box,” ucap Rosliaana kepada Kompas.com, Senin (19/12/ 2023).

Roslianna juga mengatakan, barang yang berada dalam mobil memiliki bahaya lebih besar, sehingga ketika ada kecelakaan, barang tersebut bisa memicu atau memperparah keadaan.

“Barang yang ditempatkan di dalam kabin, memiliki bahaya yang lebih serius karena bila terjadi tabrakan, barang-barang tersebut akan menjadi pemicu yang dapat melukai penumpang dan pengemudi, terutama jika barangnya keras dan terdapat sudut pandang,” ujar Roslianna.

Baca juga: Efektifkan Biaya Operasional Kendaraan dengan Sewa Mobil Jangka Panjang

Tren roof box pada mobil estate yang diadopsi modifikator dalam negeriInstagram/@kikianugraha Tren roof box pada mobil estate yang diadopsi modifikator dalam negeri

Dia juga menyarankan apabila mobil tidak memiliki kabin yang luas, alangkah baiknya menggunakan aksesoris tambahan seperti roof box.

“Bila memang menggunakan kendaraan yang tidak memiliki bagasi, lebih baik barang ditempatkan di dalam koper atau container dan lebih amanya barang tersebut terikat sehingga tidak bisa bergerak.

Roslianna juga menghimbau bagi masyarakat yang akan berlibur menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya tidak mengganggu kenyamanan penumpang karena barang yang dibawa.

“Juga usahakan barang yang terdapat di mobil tidak mengganggu penumpang lain, karena bila mengganggu posisi duduk dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan kekakuan otot,”ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com