Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Trayek Bus AKAP Fenomenal yang Meluncur Sepanjang 2023

Kompas.com - 19/12/2023, 12:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai perusahaan otobus (PO) kian gencar bersaing memberi pelayanan terbaik untuk merebut hati pasar.  Misalnya seperti peluncuran trayek baru untuk memperkuat layanan dari divisi bus AKAP.

Perluasan trayek bus AKAP tersebut tentunya membuat masyarakat lebih banyak pilihan jenis kendaraan untuk bepergian.

Adanya trayek bus baru juga membuat penumpang lebih mudah menjangkau ke berbagai daerah di Indonesia menggunakan transportasi umum jalur darat. Bahkan, sejumlah trayek bus AKAP anyar tersebut menjadi fenomenal di tahun ini. 

Berikut trayek baru bus AKAP dari sejumlah PO di 2023:

1. Bus AKAP Jabodetabek- Malang (PO Agra Mas)

PO Bus Agra Mas Suite ClassKOMPAS.com/ SELMA AULIA PO Bus Agra Mas Suite Class

Pada 2023 PO Agra Mas meluncurkan sejumlah trayek baru untuk memberikan beragam layanan bus AKAP. Namun yang paling fenomenal adalah dua trayek baru PO Agra Mas yang meramaikan Malang. Trayek bus AKAP anyar tersebut yakni Malang-Jakarta dan Bogor -Malang. Pada layanan tersebut, penumpang akan dilayani oleh bus Suites Class. Bus suites class sendiri punya bangku dengan desain kabin bangku penumpang model selonjoran atau sleeper bus.

2. Bus AKAP Trayek Malang - Denpasar (PO Juragan 99 Trans)

Bus PO Juragan 99 TransInstagram @juragan99trans Bus PO Juragan 99 Trans

 

Juragan 99 Trans juga meluncurkan trayek baru di tahun ini yaitu layanan bus AKAP Malang- Denpasar dan sebaliknya. Sebagai informasi, PO bus tersebut baru punya layanan bus AKAP trayek Jakarta-Malang dan sebaliknya.

Adapun untuk trayek bus Malang- Denpasar dilayani oleh dua unit sleeper bus. Kedua bus mewah tersebut masing-masing bus bernama Takeshi dan Takumi.

Baca juga: Kucuran Kredit Mobil Listrik MTF Tembus Rp 200 Miliar Per Bulan

3. Bus AKAP Trayek Jakarta - Madura ( PO Pandawa 87)

Jetbus 5 Dream Coach milik PO Pandawa 87ADIPUTRO Jetbus 5 Dream Coach milik PO Pandawa 87

Perusahaan otobus (PO) Pandawa 87 juga meluncurkan trayek baru di tahun ini, yakni Madura-Jakarta dan sebaliknya. Layanan ini menggunakan bus dengan kelas dream coach atau sleeper bus yang menggunakan bodi buatan Karoseri Adiputro. Bodi bus dream coach punya desan kabin dengan ciri khas menyerupai kamar pada hotel kapsul.

Setiap bangku penumpang bisa direbahkan sampai sekitar 150 derajat. Untuk fasilitas layana bus ini, biasanya setiap bangku juga dilengkapi dengan penyetelan otomatis dan fitur pijat.

 

 

 

4. Bus AKAP Bogor- Jember PP Trans Jawa (PO Sinar Jaya)

Bus baru PO Sinar JayaInstagram @tentrembusofficial Bus baru PO Sinar Jaya

Sepanjang 2023, PO Sinar Jaya telah meluncurkan beberapa trayek bus baru untuk layanan AKAP. Namun salah satu yang ramai diperbincangkan adalah trayek melayani trayek Bogor- Jember PP via Trans Jawa. Trayek tersebut menggunakan pelayanan kelas eksekutif yang punya kapasitas 32 kursi penumpang dengan kursi legrest. Sementara itu, agar penumpang lebih nyaman, bus juga dilengkapi dengan toilet dan AC. Setiap penumpang juga akan mendapatkan jatah makan satu kali, bantal dan selimut.

Baca juga: Tips Perawatan Mobil Saat Musim Hujan, Sebaiknya Semprot Antikarat

5. Ponorogo-Lampung via Merak ( PO Harapan Jaya)

Sasis bus Hindo di PO Harapan JayaHMSI Sasis bus Hindo di PO Harapan Jaya

Perusahaan otobus (PO) Harapan Jaya juga memperkuat lini pelayanan bus AKAP dnegan meluncurkan trayek baru Ponorogo-Lampung via Merak.  Bus hadir dengan layanan kelas VIP dengan kapasitas 34 kursi penumpang. Adapun beberapa fasilitas yang tersedia pada bus seperti setiap penumpang akan diberikan satu botol air mineral, selimut, lampu baca, central TV, toilet dan AC.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com