Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulasan Lengkap Volta 401, dari Desain sampai Biaya Kepemilikan

Kompas.com - 16/12/2023, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Redaksi Kompas.com dapat kesempatan mengetes motor listrik Volta 401 yang dibanderol Rp 9,95 juta. Motor yang kerap digunakan untuk ojek online ini pakai Sistem Ganti Baterai (SGB) alias swap.

Pada tulisan kali ini, kami akan bahas lengkap Volta 401, dari sisi desain, spesifikasi dan fitur, konsumsi daya, rasa berkendara, sampai biaya kepemilikan.

Baca juga: Biaya Kepemilikan Volta 401, Setahun Enggak Sampai Rp 1,3 Juta


Desain Volta 401

Pertama, secara keseluruhan Volta 401 tampilannya seperti skuter matik pada umumnya. Desainnya agresif dengan sudut-sudut tajam, tapi jadi nilai tambah buat yang suka motor listrik yang sporty.

Ada beberapa hal yang kami kurang sukai dari desain Volta 401, seperti bagian bawah dek yang terkesan kosong. Selain itu, bagasinya kurang lega kalau dua slot baterai diisi semua, kalau cuma satu, maka lumayan besar.

Kami suka desain motor yang sporty ditambah deknya yang lega membuat pengendara leluasa menaruh kakinya. Posisi Dek agak tinggi dan joknya rendah, pengendara dengan tinggi di atas 170 cm merasa agak jongkok karena posisi bokongnya lebih rendah dari lutut.

Volta 401KOMPAS.com/FATHAN Volta 401

Spesifikasi dan Fitur Volta 401

Volta 401 punya panjang 1.920 mm, lebar 680 mm, dan tinggi 1.100 mm. Kalau dibandingkan dengan skutik biasa, contoh Honda Vario 160, Volta 401 ukurannya hampir sama.

Volta 401 yang reguler memakai baterai lithium 64V 21Ah, jarak tempuh dari baterai penuh adalah 60 km, tapi tersedia dua slot baterai di bagasi, jadi bisa menempuh 120 km.

Dinamo Volta 401 pakai model hub alias di roda belakang. Kekuatannya mencapai 1.500 Watt dan punya kecepatan puncak 60 Kpj, masih cukup buat pakai harian, bukan untuk kebut-kebutan.

Baca juga: Mobil Sudah Pakai Anti Karat, Apa Pasti Aman Melibas Banjir?

Volta 401KOMPAS.com/ADITYO Volta 401

Pada bagian lampu-lampu, semuanya sudah LED, bahkan ada lampu senja di bagian bawah lampu utama. Soal kaki-kaki, suspensi depan teleskopik, yang belakang model shockbaker ganda, ban berukuran 12 inci.

Soal fitur, bisa dibilang Volta 401 sangat sederhana, paling ada colokan USB di depan. Kemudian tersedia tiga pilihan mode berkendara yang membatasi kecepatan serta tombol untuk mundur.

Selain itu, seperti kebanyakan motor listrik, Volta sudah dilengkapi dengan remot dan bisa dipakai untuk menyalakan, alias keyless. Remot tadi juga sudah dilengkapi dengan alarm, sehingga kalau tersenggol saat parkir, akan mengeluarkan suara bising.

Rasa Berkendara dan Konsumsi Listrik Volta 401

Volta 401KOMPAS.com/ADITYO Volta 401

Volta 401 punya posisi berkendara yang agak tanggung, terutama buat pengendara dengan tinggi badan di atas 170 cm. Joknya rendah tapi deknya tinggi, membuat ketika duduk agak jongkok.

Tapi untuk tangan, posisinya cukup rileks, motornya mudah dikendalikan di tengah-tengah macet. Cuma posisi duduk yang agak jongkok tadi membuat badan agak pegal setelah berkendara lebih dari 40  menit.

Kemudian soal performa, Volta 401 memakai dinamo dengan tenaga 1.500 Watt yang sebenarnya sangat cukup buat harian. Tersedia tiga mode berkendara, 1, 2, dan 3 yang cuma membatasi kecepatannya, paling cepat bisa 60 Kpj.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com