Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Otista Bogor Dibuka Senin, Sistem Satu Arah Berlaku Lagi

Kompas.com - 14/12/2023, 08:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Pengerjaan pelebaran jalan di Jembatan Otista, Kota Bogor akhirnya mulai selesai. Sesuai dengan perkiraan, jembatan kembali dibuka pada pertengahan Desember 2023.

Dikutip dari Megapolitan Kompas, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, proses pengerjaannya sudah memasuki tahapan pengecekan kekuatan beton jembatan.

"Jadi nanti begitu umur atau usia beton itu cukup, diperkirakan tanggal 15 Desember itu kita rencanakan akan melakukan fase uji beban. Jadi ada aturan itu, harus melalui seperti itu," kata Bima belum lama ini.

Baca juga: Imbas Jembatan Roboh, Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Raya Tajur

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (tengah) saat meninjau progres penyelesaian revitalisasi Jembatan Otista, Sabtu (10/12/2023).KOMPAS.com / Ramdhan Triyadi Bempah Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (tengah) saat meninjau progres penyelesaian revitalisasi Jembatan Otista, Sabtu (10/12/2023).

Terkait tanggal 15 Desember nanti, kendaraan masih belum bisa melintasi jembatan, karena masih dalam tahap pengujian.

"Pada tanggal 15 Desember akan uji beban menggunakan alat dan kendaraan uji, jalur tidak dibuka untuk umum dan hanya untuk pengujian saja," kata Marse H. Saputra, Plt. Kadis Perhubungan Kota Bogor. kepada Kompas.com, Rabu (13/12/2023).

Baca juga: Toyota Hentikan Pemesanan Sejumlah Model, Termasuk Alphard


Marse menjelaskan, rencananya pada hari Minggu (17/12/2023) akan dilakukan peresmian. Sedangkan pembukaan jalur untuk umum direncanakan hari Senin (18/12/2023).

"Pembukaan jalur untuk umum direncanakan Senin tanggal 18 Desember," kata Marse.

Nantinya setelah Jembatan Otista dibuka, Sistem Satu Arah (SSA) akan kembali berlaku. Artinya sudah tidak ada lagi dua jalur yang mengitari kawasan Kebon Raya Bogor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com