Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Tiga Kawasan Rawan Macet Selama Libur Nataru 2023/2024

JAKARTA, KOMPAS.com - Kakorlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan telah memetakan tiga titik yang diprediksi akan mengalami kepadatan arus lalu lintas ketika periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Oleh karenanya, sejumlah rekayasa lalu lintas disiapkan. Rencananya, upaya tersebut akan dilaksanakan berbarengan dengan Operasi Lilin 2023 mulai 22 Desember 2023 mendatang.

Titik yang pertama, ialah jalur Tol Sumatra sampai dengan Probolinggo yang diantisipasi terjadi kepadatan lalu lintas. Ada beberapa titik di kluster tersebut yang menjadi perhatian kepolisian untuk dilakukan rekayasa lalu lintas.

"Pertama ada di rest area, ini juga kami atur traffic flow-nya di sana, sehingga tidak menghambat arus lalu lintas yang ada di belakangnya," kata Aan, dikutip dari laman NTMC Polri Selasa (12/12/2023).

Kluster kedua, kepolisian akan mengantisipasi jalur arteri dan jalur wisata di ruas terkait. Rekayasa lalu lintasnya mulai dari penerapan sistem satu arah atau one way hingga contraflow.

"Ini juga kami antisipasi dan lakukan rapat koordinasi untuk melakukan beberapa rekayasa lalu lintas apabila terjadi kemacetan di jalur wisata. Langkah-langkah pengalihan arus atau pun one way, contraflow ini sudah kami persiapkan," ujar Aan.

Kluster ketiga yang jadi perhatian Korlantas Polri selama Nataru 2023/2024 adalah jalur penyeberangan laut. Ia mengatakan pihaknya telah menyiapkan konsep sedemikian rupa guna mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan di pelabuhan.

"Ini juga jadi konsen kami baik di Pelabuhan Merak, Ketapang, Gilimanuk, maupun penyeberangan yang lain," kata dia.

Kami sudah siapkan operasi di sana, sehingga suplai kendaraan ke pelabuhan ini kami atur agar tidak terjadi kepadatan di sana, atau terjadi stuck, supaya dapat keluar dari dermaga," tambah Aan.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/12/12/130100315/ini-tiga-kawasan-rawan-macet-selama-libur-nataru-2023-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke