Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dimaksud Retak Rambut pada Kaca Mobil?

Kompas.com - 11/12/2023, 19:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap mobil dilengkapi dengan kaca untuk melindungi pengendara tanpa mengurangi visibilitas. Material ini tentu bisa mengalami keretakan atau bahkan pecah.

Beredar istilah di masyarakat terkait kaca mobil, yakni "retak rambut". Bagi orang awam, tentu akan kebingungan ketika pertama kali mendengar istilah tersebut.

Baca juga: Pakai Security Film, Kaca Mobil Aman meski Dihantam Kapak

Tatang Lee, pemilik bengkel spesialis kaca mobil Jaya Perkasa Glass, mengatakan, retak rambut adalah kondisi kaca yang mengalami keretakan dengan ukuran yang kecil.

Retak rambut pada kaca mobil Dok. Jaya Perkasa Glass Retak rambut pada kaca mobil

"Mobil zaman sekarang menggunakan jenis kaca laminated pada bagian depan. Kacanya ada dua lapis, di tengahnya ada lapisan PVB," ujar Tatang, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Tatang menambahkan, kaca tersebut berlapis ganda. Untuk mobil zaman sekarang, itu menjadi keamanan khusus kaca depan. Semua mobil saat ini sudah menggunakan kaca depan jenis laminated.

Baca juga: Pencurian Modus Pecah Kaca Mobil Terjadi Lagi, Pemilik Kendaraan Harus Waspada

Kaca mobil pecah saat parkirTangkapan layar Kaca mobil pecah saat parkir

Dikutip dari Daihatsu.co.id, kaca laminated merupakan perpaduan dua kaca yang mengapit film Poly Vinyl Buthyral (PVB). Lapisan PVB sendiri bersifat sebagai penguat dari kaca itu sendiri.

Lapisan PVB memiliki ketebalan hingga 0,76 mm. Sedangkan kedua lapisan kaca yang mengapit PVB, pada umumnya memiliki ketebalan 2 mm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com