Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak Aksi Maling Pecahkan Kaca Mobil, Berapa Biaya Perbaikannya?

Kompas.com - 04/08/2023, 07:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, marak terjadi aksi maling yang memecahkan kaca mobil untuk mengambil barang di kabin. Tentunya, mobil tersebut memerlukan perbaikan dengan penggantian kacanya.

Salah satu kejadiannya, seperti yang diunggah pada akun Instagram @depok.update. Dalam unggahan itu, disebutkan bahwa aksi pecah kaca kembali terjadi di Depok. Artinya, kejadiannya sudah lebih dari satu kali.

Tatang Lee, pemilik bengkel spesialis kaca mobil Jaya Perkasa Glass, mengatakan, di daerah tempatnya membuka usaha di Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, juga sering terjadi aksi maling pecah kaca mobil.

Baca juga: Jangan Sembarang Bersihkan Kaca Mobil Eropa

"Satu pekan yang ganti kaca karena dijebola maling bisa sampai dua atau tiga kali," ujar Tatang, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Depok Update | Info Seputar Kota Depok (@depok.update)

Tatang menambahkan, biasanya pelaku terpancing karena adanya benda atau barang, apalagi tas, meskipun kosong tetap diambil. Para pelaku tidak peduli isinya ada atau tidak, yang penting tas diambil.

"Biasanya para pelaku mengincar mobil yang parkir di pinggir jalan, masjid, supermarket, rumah sakit. Bahkan, di rest area juga harus hati-hati, karena para pelaku juga membawa mobil biasanya," kata Tatang.

Soal penggantian kaca mobil, Tatang mengatakan, kisarannya ada di Rp 300.000 hingga Rp 500.000. Biaya tersebut sudah termasuk jasa pasang.

Baca juga: Ini Penyebab Sapuan Wiper Kaca Mobil Tak Optimal

"Untuk mobil sekelas Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, atau Suzuki Ertiga, kisarannya Rp 350.000, sudah termasuk pasang. Untuk kaca pintu, pengerjaannya juga cepat, sekitar 30 menit," ujarnya.

Ilustrasi memecahkan kaca mobilshutterstock Ilustrasi memecahkan kaca mobil

Christopher Sebastian, Founder & CEO dari Makko Group, mengatakan, untuk harga ganti kaca mobil tergantung dari jenis dan tahun mobilnya. Selain itu, dilihat juga kaca bagian mana yang pecah.

"Untuk kaca depan paling mahal, lalu kaca belakang, dan kaca samping yang lebih murah. Kalau untuk kaca samping, harga berkisar sekitar Rp 500.000 hingga Rp 700.000," ujar Christopher.

Ilustrasi pencurian modus pecah kaca mobilTwitter/@tirta_hudhi Ilustrasi pencurian modus pecah kaca mobil

Christopher menambahkan, untuk SUV atau MPV tidak jauh berbeda kisaran harganya. Namun, untuk mobil Eropa dan mobil Jepang yang tahunnya masih baru, biasanya lebih mahal.

Nurrahman Adi Saputra, Kepala Bengkel Auto2000 Raden Intan, Lampung, mengatakan, biaya mengganti kaca mobil yang baru sekitar Rp 755.000, belum termasuk kaca film.

"Harga kaca pintu itu sekitar Rp 600.000. Sedangkan jasa pasang, Rp 150.000," kata Nurrahman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com