Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sembarang Bersihkan Kaca Mobil Eropa

Kompas.com - 29/07/2023, 13:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemilik mobil Eropa tidak boleh sembarang dalam melakukan perawatan kendaraan. Salah satunya adalah urusan kaca.

Terlebih saat musim hujan di mana kaca membutuhkan perawatan yang maksimal agar tetap nemberikian visibilitas yang baik bagi pengemudi.

Ada kabar yang menyebut bahwa kaca mobil Eropa seperti merek BMW, Mercedes-Benz, Volkswagen (VW) hingga Volvo tidak bisa menggunakan cairan pembersih jamur sembarangan.

Baca juga: Sistem Kelistrikan Rumit, Jangan Sembarang Modifikasi Mobil Eropa

Tiap bursa mobil bekas punya karakter tersendiri, salah satunya ialah bursa mobil bekas di Mal legendaris yaitu di Mal Blok M, Jakarta Selatan, yang banyak menjual mobil Eropa bekas.KOMPAS.com/Gilang Tiap bursa mobil bekas punya karakter tersendiri, salah satunya ialah bursa mobil bekas di Mal legendaris yaitu di Mal Blok M, Jakarta Selatan, yang banyak menjual mobil Eropa bekas.

Hal ini dibenarkan oleh Anantyo Herlambang, pemilik bengkel Eurostars x Ping Garage. Menurutnya, kaca mobil Eropa tidak bisa dibersihkan secara sembarangan. Pasalnya, jika cairan tidak cocok dapat menimbulkan masalah, seperti berembun hingga merusak lapisan kaca.

“Benar, karena kalau sembarangan bisa menyebabkan kaca berembun. Untuk membersihkannya ada obat khusus untuk kaca mobil Eropa,” kata Tyo, kepada Kompas.com, Kamis (27/7/2023).

Informasi senada juga diungkapkan oleh Christopher Sebastian, CEO Topcoat Indonesia. Ia mengatakan, kaca mobil Eropa tidak boleh sembarangan dibersihkan dengan obat jamur di luaran.

Baca juga: Sepeda Listrik Berbeda dari Sepeda Gowes, Berbahaya Saat Dibawa Anak-anak


“Karena kaca mobil eropa sangat sensitif sehingga kalau salah menggunakan obat jamur bisa berakibat kaca berembun dan lapisan kaca menjadi rusak,” kata Christopher, Sabtu (29/7/2023).

Christopher melanjutkan, disarankan mobil Eropa untuk membersihkan kacanya bisa dibawa ke tmpt salon mobil.

“Salah satu nya bisa di salon XTO Car Care. Kita punya poles jamur kaca khusus untuk mobil Eropa, dengan harga hanya Rp 200.000. Untuk full keliling semua kaca termasuk jika ada sunroof nya,” ucap Christopher.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com