Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Aki Tekor Bisa Bikin Mobil Boros BBM?

Kompas.com - 10/12/2023, 09:21 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Aki tekor atau kondisinya sudah lemah sebenarnya masih bisa digunakan oleh pengguna mobil asalkan mau lebih banyak berusaha.

Misal setiap mau memakai mobil, harus dijumper dengan mobil lain atau aki tambahan. Bisa juga dengan mengisinya semalaman sebelum mobil digunakan bepergian.

Faktanya, hal tersebut tidak bisa dilakukan terus menerus pasalnya aki yang sudah tekor tidak lagi mampu menyuplai arus dengan baik dan benar. Simak penjelasan ahli berikut ini!

Baca juga: Aksesori Ini Bermanfaat, tapi Bisa Bikin Aki Mobil Cepat Soak

Cara mudah memeriksa kondisi Aki mobil setelah mudik lebaranFreepik/Senivpetro Cara mudah memeriksa kondisi Aki mobil setelah mudik lebaran

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan salah satu tanda bahwa mobil itu sehat adalah memiliki aki yang masih prima.

“Aki drop sebaiknya diganti saja, karena meski masih bisa digunakan dengan dijumper agar dapat memutar motor starter, risikonya tetap ada saat dioperasikan, karena sama saja aki tersebut tidak bisa menyimpan arus listrik lagi,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (9/12/2023).

Menurut Hardi aki yang sudah tidak mampu menyimpan arus dengan baik dapat mengganggu kinerja komponen mesin, khususnya yang sudah komputerisasi.

Baca juga: Simak Daftar Harga Aki Mobil per Desember 2023

Voltage Stabilizer Hurricane XCS dipasang di aki mobil Toyota VelozKOMPAS.com/daafa Voltage Stabilizer Hurricane XCS dipasang di aki mobil Toyota Veloz

Seperti mobil-mobil modern zaman sekarang, meski mesin masih mengandalkan bahan bakar minyak, sebenarnya sudah banyak mengalami penyesuaian dalam hal memperbaiki emisi gas buang.

“Tidak heran jika mobil-mobil sekarang lebih rumit, ada modul, kabel-kabel sangat banyak, sensor dan sejenisnya, dan mau tidak mau ketika sensor rusak maka performa mobil terganggu,” ucap Hardi.

Bukan cuma rusaknya komponen, menurut Hardi performa menurun juga bisa disebabkan oleh arus listrik yang menyuplai perangkat elektronik tidak sesuai spesifikasi atau kebutuhan. Seperti ketika aki tekor, terminal aki kendor, ada gangguan kelistrikan dan sejenisnya.

Baca juga: Gejala Awal Aki Mobil Soak yang Bisa Dirasakan Pengemudi

Charger aki di pasaran banyak dijumpai dengan banderol sekitar Rp 200.000Kompas.com/Erwin Setiawan Charger aki di pasaran banyak dijumpai dengan banderol sekitar Rp 200.000

“Kalau aki tekor terus dipertahankan ya rugi, karena performa mobil menjadi menurun, tentunya bisa sampai membuat konsumsi BBM lebih boros, karena kerja mesin terseok-seok,” ucap Hardi.

Wawan, Pemilik One Aki Ceper, Klaten mengatakan aki yang sudah sangat lemah kondisinya tidak akan mampu menyuplai arus listrik sebesar 14 volt sebagaimana mestinya.

“Sebenarnya ada beberapa tahapan kondisi, aki tekor yang masih lumayan dan sudah tekor parah, jika masih lumayan mungkin dia masih mampu menyuplai tegangan ke mesin sebesar 14 volt karena ada sistem pengisian dari alternator,” ucap Wawan kepada Kompas.com, Sabtu (9/12/2023).

Baca juga: Benarkah Aki Motor yang Tekor Mengganggu Performa Mesin?

Mengisi aki mobil dengan charger di rumahKompas.com/Erwin Setiawan Mengisi aki mobil dengan charger di rumah

Bila aki dipaksakan, maka artinya meski kondisinya sudah lemah tapi bakal terus digunakan, menurut Wawan hal itu tidak akan bertahan lama sehingga sebaiknya diganti.

“Tinggal menunggu waktu saja sampai berapa lama aki tersebut bertahan, karena aki yang sudah tekor tidak akan mampu menyimpan arus dengan baik, dan tegangan suplainya tidak stabil,” ucap Wawan.

Dampaknya akan terasa pada mobil-mobil modern dengan sistem modern yang ada. Ketika aki sudah tidak mampu menyuplai tegangan listrik berkualitas dan stabil, maka performa mesin akan turun.

Baca juga: Benar atau Tidak, Aki Motor yang Tekor Bikin Boros BBM?

“Tidak menutup kemungkinan bisa membuat tarikan mesin berat, tenaga ngempos bahkan mati secara tiba-tiba, itu kemungkinan bisa terjadi bila aki tekor masih dipaksakan, saran saya diganti saja,” ucap Wawan.

Wawan menyarankan bila memang dana untuk membeli aki baru terbatas, konsumen bisa memanfaatkan tukar tambah aki baru atau bekas. Aki bekas tentunya lebih terjamin kualitasnya daripada memaksakan aki yang sudah tekor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com