Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Ubah Sistem Penggerak Mobil dari 4x2 Menjadi 4x4

Kompas.com - 09/12/2023, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil genre sport utility vehicle (SUV) saat ini banyak digemari oleh konsumen di Indonesia. Mobil jenis ini memiliki ground clearance tinggi, sehingga dinilai bisa melibas medan jalan yang ekstrem.

Bahkan tak jarang pemilik kendaraan yang mengubah sistem penggerak untuk memenuhi kebutuhan off road, dari 4x2 (two wheel drive/2WD) menjadi 4x4 (four wheel drive/4WD).

Salah satu toko spesialis suku cadang dan aksesori 4x4, Lamban Garage, menyediakan jasa bagi para pemilik kendaraan yang ingin mengubah sistem penggerak dari 4x2 menjadi 4x4. Hanya saja ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, selain itu, biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit.

Baca juga: Tesla Makin Serius Bikin Mobil Listrik Murah

“Untuk (konversi) dari 4x2 jadi 4x4 itu sebenarnya dibatasi, kita harus lihat mobilnya juga. Misalnya konsumen punya Toyota Fortuner 4x2 keluaran terbaru, ingin dimodifikasi jadi 4x4 kita tidak akan terima, karena nanti akan repot di wiring dan ECU,” ucap Ully Ashidiq, manager Lamban Garage, kepada Kompas.com, Kamis (7/12/2023).

Toyota Fortuner 2.800 ccKompas.com/AdityoWisnu Toyota Fortuner 2.800 cc

Menurut Ully, syarat utama untuk melakukan ubahan pada sistem penggerak adalah unit harus dibawah lansiran tahun 2015.

“Paling penting mobil di bawah tahun 2015, untuk menghindari miss wiring termasuk ECU. Untuk merek bisa apa saja, mobil Jepang seperti Toyota Hilux, atau Amerika, Ford Ranger itu juga bisa,” kata Ully.

Kendati demikian, lanjut Ully, parts mobil Amerika lebih terbatas dibandingkan mobil Jepang. Sehingga cukup sedikit konsumen mobil Amerika yang melakukan ubahan pada sistem penggerak.

Baca juga: Ferrari Ubah Pabrik Jadi Pertunjukan Seni

“Di satu sisi mobil Amerika itu agak terbatas, limitasinya lebih banyak. Misal, ada Ford ingin ganti ban 35 atau 37, kalau mobil seperti Fortuner itu kan ada upgrade final gear rasionya. Ketika ban naik, rasio juga harus naik. Nah kalo kayak Ford itu terbatas, tidak ada yang produksi,” kata dia.

Adapun bagi konsumen yang ingin melakukan ubahan sistem penggerak dari 4x2 menjadi 4x4 harus menyediakan dana sekitar Rp 200 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com