Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Saat Mengendarai Motor Jangan Parkir Jari di Tuas Rem

Kompas.com - 07/12/2023, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai motor harus paham dengan teknik yang benar, bukan cuma saat berjalan, tapi juga berhenti. Artinya, saat mengerem pun harus tau bagaimana seharusnya agar aman.

Salah satu kebiasaan yang salah saat mengerem adalah menaruh jari di tuas rem padahal sedang tidak ingin berhenti. Biasanya jari disandarkan saja dan tinggal menarik tuasnya saat mau mengerem.

Secara safety riding, menaruh tuas rem padahal tidak sedang ingin mengerem berpotensi menyebabkan kecelakaan. Apalagi kalau jarinya standby di tuas rem depan, rawan selip.

Baca juga: Waspada Menyelonong, Mengerem Jangan Sambil Injak Pedal Kopling

mengerem empat jariKompas.com/Fathan Radityasani mengerem empat jari

"Tidak disarankan jari menempel di tuas rem depan, karena kalau ada situasi mendadak, kadang jari refleks menarik tuas rem dan saat jalannya licin, potensi roda depan tergelincir sangat tinggi," kata Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana kepada Kompas.com, Rabu (6/12/2023).

Teknik yang benar adalah menaruh jari saat mau mengerem saja. Tarik tuas rem pakai empat jari agar tarikannya bisa diprediksi kekuatannya, menghindari ban depan selip atau terkunci dan motor hilang keseimbangan.

Baca juga: Bocoran Mobil Baru Honda yang Meluncur Besok


"Jadi jika ingin standby sebaiknya gunakan rem belakang atau sebelah kiri jika di motor matic namun itu juga harus dengan 4 jari agar pengereman lebih maksimal saat menarik tuas rem," ucap Agus.

Saat rem belakang, risiko motor hilang kendali karena ban selip masih lebih kecil. Berbeda kalau ban depan yang terkunci, maka sangat mudah motor oleng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com