Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Aquaplaning Juga Intai Pengendara Motor

Kompas.com - 06/12/2023, 17:31 WIB
Stanly Ravel

Editor


JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah aquaplaning yang jadi bahaya laten bagi pengendara di musim hujan, ternyata tak hanya terjadi untuk pengguna mobil saja, tapi juga sepeda motor.

Seperti diketahui, berkendara saat musim hujan punya tingkat risiko yang jauh lebih besar dari kondisi normal.

Dari daya cengkram ban yang berkurang, jarak pengereman yang lebih jauh, visibilitas yang menurun drastis, sampai jebakan aquaplaning yang berdampak fatal.

Baca juga: Adu Harga City Car Baru Jelang Akhir 2023

Penting diketahui, saat kendaraan mengalami aquaplaning, otomatis akan sulit dikendalikan. Pada mobil saja dampaknya cukup parah, apalagi bagi pengguna motor.

Banjir merendam jalan desa di Desa Rayeuk Kuta, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (6/10/2023)KOMPAS.COM/MASRIADI SAMBO Banjir merendam jalan desa di Desa Rayeuk Kuta, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (6/10/2023)

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, bahaya aquaplaning juga dapat terdampak pada pengendara sepeda motor, bukan hanya mobil saja.

"Iya bisa (Aquaplaning), apalagi kalau misalnya pada saat kondisi jalan itu sehabis panas tiba-tiba hujan. Nah ini yang membuat ban itu tidak memiliki daya cengkeram yang baik terhadap aspal," kata Agus kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, aquaplaning merupakan kondisi di mana ban kendaraan tidak dapat membelah air yang tergenang di jalan.

Baca juga: Fenomena Pengendara Motor Tidak Pakai Helm Kian Marak, Banyak yang Cuek

K160-19 Jalur Kendaraan Yang Sempat Tertutup Akibat Banjir  Kembali Dapat DilintasiHENDRI SETIAWAN K160-19 Jalur Kendaraan Yang Sempat Tertutup Akibat Banjir  Kembali Dapat Dilintasi

Dampaknya, karena ban yang tidak menyentuh bagian jalan, ban justru bergulir di atas permukaan air. Jika mengalami hal seperti ini, kendaraan akan sulit dikendarai.

Karena itu Agus menyarankan, baiknya pemotor segera menurunkan kecepatan serta menghindari genangan air ketika berkendara di bawah guyuran hujan.

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng Oke Desiyanto, juga menyampaikan hal yang sama.

Disarankan ketika berkendara di jalanan yang tergenang agar mengurangi kecepatan untuk menghindari aquaplaning.

Baca juga: Daftar Harga LCGC Baru Jelang Akhir Tahun, mulai Rp 134 Juta


"Berkendara dengan kecepatan rendah saat melewati genangan sehingga memberi waktu ban itu bisa membelah air dan mengalirkan air keluar jalur ban," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com