Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sleeper Bus Mewah PO Harapan Jaya Resmi Meluncur

Kompas.com - 04/12/2023, 16:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) Harapan Jaya resmi merilis bus tingkat atau double decker baru dengan desain mewah. Sebenarnya bus ini tidak sepenuhnya baru lantaran sempat diperlihatkan pada saat GIIAS 2023 di booth Karoseri Tentrem.

Hanya saja pada saat pameran masih menggunakan desain sementara saja, terutama pada bagian eksterior. Kini bus tersebut telah menggunakan kelir dan livery khas PO Harapan Jaya, yani putih kombinasi oranye dengan gambar kawanan kuda pada bodi samping. 

Kemudian sasis yang dipakai adalah Scania K410 dengan spesifikasi yang sudah Euro 5. Sasis ini hadir dengan model tronton yang kerap menjadi andalan bus tingkat. 

Baca juga: Alasan Kenapa Saat Parkir Posisi Setir Mobil Harus Lurus

Kabin sleeper bus baru PO Harapan JayaInstagram @tentrembusofficial Kabin sleeper bus baru PO Harapan Jaya

Unit tersebut menggunakan balutan bodi Avante D2 Facelift yang mana menyajikan dua kelas layanan dalam satu bus.

Pada dek pertama merupakan layanan kelas sleeper dengan kapasitas 6 kursi. Setiap kursi dirancang mewah dengan sandaran yang bisa direbahkan dan dilengkapi sistem hiburan. Lalu pada area paling belakang ada toilet dan juga mini bar. 

Beralih ke bagian atas, area ini menyajikan kelas yang berbeda dengan bangku legrest kongifurasi 2-1 yang elegan. Lalu pada area paling belakang adalah ruang khusus merokok yang dipisah menggunakan sekat kaca. 

Baca juga: Daftar Sirkuit Paling Maut di MotoGP 2023, Mandalika Masuk Lima Besar

Secara keseluruhan unit bus ini masih sama seperti tampilan saat pameran GIIAS 2023, hanya saja pada bagian eksterior alami perubahan pada bagian livery saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com