Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Triton Terbaru Raih Bintang Lima Tes Tabrak ASEAN NCAP

Kompas.com - 04/12/2023, 16:20 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Triton tidak hanya mendapatkan penyegaran, tapi mengalami cukup banyak peningkatan. Belum lama ini, Triton generasi terbaru berhasil mendapatkan penilaian tertinggi pada tes tabrak.

Dikutip dari ASEAN NCAP, Senin (4/12/2023), Triton terbaru mendapatkan penilaian bintang lima pada tes tabrak ASEAN New Car Assessment Program (NCAP).

Baca juga: Mitsubishi All New Triton Meluncur di Indonesia Tahun Depan

Triton menjadi pikap kabin ganda pertama yang menjalani protokol 2021-2025, di mana protokol ini lebih ketat dan mencakup empat kategori penilaian.

Tes tabrak ASEAN NCAP pada Mitsubishi TritonDok. ASEAN NCAP Tes tabrak ASEAN NCAP pada Mitsubishi Triton

Pertama, ada Perlindungan Penumpang Dewasa atau Adult Occupant Protection (AOP) yang mencakup 40 poin dari skor keseluruhan.

Kedua, ada Perlindungan Penumpang Anak atau Child Occupant Protection (COP). Selanjutnya, ada Bantuan Keselamatan atau Safety Assist (SA), dan Keselamatan Pengendara Sepeda Motor atau Motorcyclist Safety (MS) yang masing-masing menyumbangkan 20 poin.

Dalam penilaian ini, kualitas rancang bangun dan teknologi keselamatan standar Triton yang baru menunjukkan performa yang sangat baik.

Mobil ini mendapat nilai 32,52 poin di AOP, lalu 17,54 poin di COP, kemudian 14,44 poin untuk SA, dan 10,22 poin untuk penilaian MS.

Baca juga: Wajah Baru Mitsubishi All-New Triton

Sehingga, mendapatkan skor total 74,71 poin. Skor tersebut cukup bagi Triton untuk mendapatkan peringkat bintang lima dari ASEAN NCAP.

Tes tabrak ASEAN NCAP pada Mitsubishi TritonDok. ASEAN NCAP Tes tabrak ASEAN NCAP pada Mitsubishi Triton

Fitur keselamatan standar Triton untuk semua variannya meliputi enam airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Seat Belt Reminder System (SBR) untuk pengemudi dan penumpang depan, serta teknologi Pedestrian Protection.

Selain itu, Mitsubishi Motors juga sudah menyematkan fitur keamanan lainnya, seperti Autonomous Emergency Braking, Lane Departure Warning, Forward Collision Warning, Blind Spot Monitoring, Auto High Beam, serta Hill-Start Assist dan Hill-Descent Control.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com