Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Terbaru Mobil Listrik Nissan Leaf Bergaya SUV

Kompas.com - 04/12/2023, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi terbaru Nissan Leaf dikabarkan sedang dalam tahap pengembangan. Menurut kabar yang beredar, hatchback ini akan berubah menjadi bergaya SUV.

Untuk diketahui, Leaf pertama kali diperkenalkan pada 2009. Mobil listrik ini sudah masuk generasi kedua yang meluncur pada 2017. Tapi, hingga kini, sempat mengalami facelift juga.

Baca juga: Skema Kredit Mobil Listrik Nissan Leaf, Cicilan mulai Rp 11 Jutaan

Dikutip dari Carscoops.com, Minggu (3/12/2023), generasi ketiga Leaf akan memiliki tampilan yang lebih sporty, mengarah ke crossover. Disebutkan bahwa desainnya terinspirasi dari Ariya.

Nissan Chill Out ConceptDok. Carscoops.com Nissan Chill Out Concept

Sebagian orang menyebutkan bahwa desain pada generasi pertama dan kedua cukup menarik. Tapi, untuk generasi ketiga diyakini akan lebih menarik lagi desainnya.

Platform yang digunakan akan sama seperti Ariya dan Renault Megane E-Tech, yakni CMF-EV. Desainnya diyakini tidak jauh berbeda dengan konsep yang pernah ditampilkan pada 2021, yakni Chill-Out Concept.

Baca juga: Recall Nissan Kicks e-Power dan Leaf, Ribuan Mobil Terdampak

Konsep tersebut ditandai dengan panel bodi yang ramping dan mengalir dengan sedikit garis, lipatan, atau tepi yang tidak perlu, sesuatu yang tidak dapat dikatakan tentang banyak mobil yang saat ini dijual.

Nissan Chill Out ConceptDok. Carscoops.com Nissan Chill Out Concept

Mobil ini juga memiliki bagian depan yang didominasi oleh lampu depan LED, bilah lampu LED, dan lencana Nissan yang menyala. Jika Leaf baru terlihat 50 persen lebih ramping dari konsepnya, ini akan menjadi peningkatan yang dramatis dari mobil yang ada saat ini.

Untuk sumber tenaga alias baterainya, generasi ketiga Leaf disebutkan akan dibekali dengan baterai yang canggih. Baterai tersebut diproduksi oleh perusahaan asal China, yakni Envision.

Baterai canggih ini diklaim menawarkan peningkatan kepadatan energi sebesar 30 persen dibandingkan dengan baterai model saat ini, yang secara signifikan akan meningkatkan jarak tempuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com