Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Alasan Mengapa Sistem RWD Ditinggalkan meski Unggul di Tanjakan | Kasus Lane Hogger di Jalan Tol Kian Meresahkan

Kompas.com - 26/11/2023, 07:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil penggerak roda belakang (RWD) masih banyak diburu masyarakat, salah satunya Avanza generasi kedua atau Avanza Reborn.

Selain harga bekasnya yang sudah lebih terjangkau, rupanya RWD menjadi alasan karena dianggap lebih tangguh untuk melibas tanjakan.

Namun, justru mobil-mobil keluaran baru kini meninggalkan penggerak roda belakang karena, meski unggul di saat menanjak, mobil RWD banyak memiliki kekurangan. Simak penjelasan dari ahli berikut ini!

Selain itu, kasus lane hogger di jalan tol Indonesia masih sering terjadi. Lane hogger di sini adalah pengemudi yang diam di lajur kanan tapi kecepatannya rendah, padahal lajur tersebut peruntukannya sebagai tempat mendahului kendaraan lain.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 25 November 2023: 

1. Alasan Mengapa Sistem RWD Ditinggalkan meski Unggul di Tanjakan

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, sistem penggerak roda belakang memang lebih unggul untuk melibas tanjakan, tetapi juga memiliki kekurangan.

"Mobil RWD, secara desain tidak sederhana, ada diferensial, propeller shaft, dan segala macam. Kerugiannya banyak. Selain itu, dek belakang tidak bisa lurus kaki penumpang. Sebab, perlu ada tempat untuk propeller shaft. Jadi, secara desain tidak sederhana," ujar Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Alasan Mengapa Sistem RWD Ditinggalkan meski Unggul di Tanjakan

2. Kasus Lane Hogger di Jalan Tol Kian Meresahkan

Lane hogger sedang diberi pembelajaran oleh pengguna jalan lain.Tangkapan layar Lane hogger sedang diberi pembelajaran oleh pengguna jalan lain.

Bisa dilihat contoh ekstrem lane hogger pada video yang diunggah akun Dashcamindonesia. Terlihat jelas, mobil LCGC berwarna abu-abu itu pelan di lajur kanan, padahal bisa pindah ke lajur sebelah kiri yang benar-benar kosong.

Menanggapi hal tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, masyarakat itu harus paham kalau lajur paling bahaya di tol adalah lajur kanan, karena untuk kendaraan kecepatan tinggi.

Baca juga: Kasus Lane Hogger di Jalan Tol Kian Meresahkan

3. Mau Beli Avanza Reborn Bekas, Dianjurkan Ambil Lansiran 2015

New Toyota Avanza saat sesi test drive di Magelang, Jawa Tengahdok TAM New Toyota Avanza saat sesi test drive di Magelang, Jawa Tengah

Toyota Avanza generasi kedua alias Avanza Reborn kembali naik daun di bursa mobil bekas. Banyak konsumen yang mengaku terpincut, karena mobil ini diklaim memiliki performa bertenaga walaupun usianya sudah cukup tua.

Bukti performa tersebut nampak dari kejadian viral belum lama ini, menunjukkan aksi Avanza Reborn yang sukses melibas Tanjakan Spongebob, di kawasan wisata Lembang, Bandung, Jawa Barat, jalan dengan kontur kemiringan ekstrem.

Baca juga: Mau Beli Avanza Reborn Bekas, Dianjurkan Ambil Lansiran 2015

4. Warga Jabar yang Tunggak Pajak Kendaraan Dilarang Beli BBM

Ilustrasi SPBU Pertamina.Dok. Pertamina Ilustrasi SPBU Pertamina.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com