Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Kenyamanan Suzuki V-Strom 250SX dan Honda CRF250 Rally

Kompas.com - 14/11/2023, 14:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki V-Strom 250SX dan Honda CRF250 Rally jadi sepeda motor petualang yang sama-sama bermain di kelas 250 cc. Keduanya tampak tangguh dipakai di berbagai medan, tapi siapa yang lebih nyaman?

Secara umum, posisi berkendara yang ditawarkan V-Strom 250SX terasa rileks dan santai, serta lebih ramah buat pemula.

Hal ini didapat dari kombinasi posisi setang yang tinggi, jarak antara jok dan pijakan kaki yang jauh, dan pijakan kakinya lurus dengan jok.

Baca juga: ECGO 3 Kasih Program Buat Ojol, Sewa Hak Milik Rp 25.000 per Hari

Suzuki V-Strom 250 SXKOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Suzuki V-Strom 250 SX

Buat pengendara dengan tinggi 163 cm seperti salah satu Test Rider Kompas.com, jok dengan tinggi 835 mm memang agak merepotkan terutama saat macet. Kedua kaki harus jinjit apabila mau turun ke permukaan jalan semuanya.

Namun bila sudah terbiasa, kaki bakal menyesuaikan. Misalnya dengan menaikkan salah satu kaki, maka kaki satunya lagi bisa menapak dengan sempurna.

Apalagi Suzuki kabarnya menyediakan jok dengan profil lebih tipis, sehingga bakal mengurangi tinggi jok secara keseluruhan.

Baca juga: Ini Tanda-tanda Mobil Transmisi Matik Butuh Perawatan

Kemudian buat riding di dalam dan luar kota, jok V-Strom 250SX terasa empuk dan nyaman, bikin betah berkendara jauh. Termasuk buat penumpang belakang yang pakai split seat.

Berlanjut ke handling atau pengendalian, V-Strom 250SX yang memiliki bobot 167 Kg rupanya masih terasa ringan dan mudah diarahkan.

Karakternya mungkin mirip dengan motor sport kelas 200 cc zaman dulu, seperti Honda Tiger ataupun Yamaha Scorpio. Untuk perjalanan dalam kota maupun touring enggak menyusahkan. Gampang saja dikendalikan di berbagai kondisi jalan.

Baca juga: Pelemparan Batu di Jalan Tol Terjadi Lagi

Test ride Suzuki V-Strom 250 SXKOMPAS.com/SENDY DARLIS ALDITYA Test ride Suzuki V-Strom 250 SX

Paling salah satu kekurangan saat dibawa di dalam kota adalah sudut belok setang tak tak begitu lebar. Alhasil saat selap-selip di kemacetan di dalam kota tentu tak selincah motor kecil.

Bantingan suspensi depan yang pakai tipe teleskopik 41 mm dengan jarak main 120 mm dan belakang monosok tanpa link yang punya setelan preload 7 tingkat, tergolong empuk.

Meskipun tidak bisa disamakan dengan CRF250 Rally yang benar-benar disiapkan buat offroad. Namun buat motor jalan raya, suspensi V-Strom 250SX sudah terasa nyaman dan tidak mengorbankan handling secara keseluruhan.

Baca juga: Alat Automatic Robotic Clutch, Bikin Mobil Manual seperti Matik

Honda CRF250 RallyKOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Honda CRF250 Rally

Sementara itu, kaki-kaki motor ini didukung kombinasi ban ukuran 19 inci dan 17 inci yang dibalut ban dengan kembangan model dual purpose. Sehingga motor bisa dipakai untuk melibas jalur off-road ringan, namun masih nyaman di aspal.

Beralih ke posisi berkendara, CRF250 Rally yang menawarkan posisi leluasa layaknya motor trail. Mengingat, motor jangkung ini pakai model sadel yang menyatu buat pengendara dan penumpang. Jadi bisa disesuaikan, mau agak ke depan atau mundur.

Tapi, kalau dipakai harian dan posisi duduknya di tengah, maka akan didapatkan postur yang rileks. Kaki membentuk sudut 90 derajat, tangan juga santai karena setang yang tinggi dan lebar.

Baca juga: Honda Tapas, Skutik Retro 100 cc Dijual Rp 17 Jutaan

Honda CRF250 RallyKOMPAS.com/ADITYO WISNU Honda CRF250 Rally

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com