Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Fitur Honda CRF250 Rally dan Suzuki V-Strom 250SX

Kompas.com - 12/11/2023, 10:49 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Di kelas motor sport 250 cc, Honda CRF250 Rally dan Suzuki V-Strom 250SX jadi pilihan menarik meski dari sisi harga berselisih cukup jauh.

CRF250 Rally dibanderol Rp 79,9 juta, sementara V-Strom 250SX dijual Rp 59,5 juta. Artinya kedua motor berselisih Rp 20,4 juta.

Dengan selisih yang mencapai harga satu unit skutik entry level baru, kira-kira siapa yang lebih unggul dari sisi fitur di antara CRF250 Rally dan Suzuki V-Strom 250SX.

Baca juga: Langkah Penting Saat Motor Matik Mengalami Rem Blong

Honda CRF250 RallyKOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Honda CRF250 Rally

Dimulai dari CRF250 Rally yang menjadi andalan Honda di kelas adventure 250 cc. Soal fitur yang ada di CRF250 Rally memang bukan yang paling mewah, lebih ke sisi fungsionalitas.

Misal lampu depan dan sein sudah LED, biar terang kalau berkendara sampai malam dan lokasinya minim pencahayaan.

Lalu di sektor pengendara, ada visor yang posisinya cukup tinggi, bisa menahan angin dengan baik saat motor berjalan di kecepatan tinggi.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP Usai Sprint Race Malaysia, Bagnaia Masih Memimpin

Instrument cluster pakai model digital yang lengkap isinya, dari penunjuk kecepatan, putaran mesin, jarak, konsumsi BBM, dan sebagainya.

Salah satu fitur yang ada di instrument cluster dan kami sukai adalah penunjuk motor sudah pakai berapa liter. Hitungannya berdasarkan konsumsi BBM, cuma yang ditampilkan adalah satuan liter.

Fitur tersebut sangat membantu kalau lagi bertualang di tengah hutan, jadi tahu berapa BBM yang sudah digunakan. Tangki BBM CRF250 Rally ini juga cukup besar, yakni 12,8 liter dan punya konsumsi BBM yang cenderung hemat.

Baca juga: Kecelakaan di Tol Layang MBZ, Mobil Tabrak Pembatas dan Terguling

Honda CRF250 RallyKOMPAS.com/ADITYO WISNU Honda CRF250 Rally

Fitur lain yang diunggulkan dari CRF250 Rally adalah penggunaan cakram model wavy atau bergelombang. Klaim model cakram yang tidak sekadar bulat ini adalah pelepasan panas yang lebih mudah.

Tak ketinggalan ada assist/slipper clutch yang membuat pengendara punya tuas kopling lebih ringan, yang sangat membantu saat dibawa terabasan di tengah kondisi jalur offroad.

Beralih ke V-Strom 250SX tidak hanya menyajikan desain yang menarik, tapi juga sederet fitur yang cukup lengkap buat motor di kelas 250 cc.

Baca juga: Penjualan Motor Listrik Subsidi Bisa Meningkat di PEVS 2024

Komparasi Honda CRF250 Rally vs Suzuki V-Strom 250SXKOMPAS.com/SENDY DARLIS ALDITYA Komparasi Honda CRF250 Rally vs Suzuki V-Strom 250SX

Dimulai dari lampu-lampu motor yang sudah menganut LED pada lampu utama dan rem. Sementara lampu sein masih bohlam halogen.

Berlanjut ke spidometer full digital dengan negative display. Info yang tersedia cukup banyak, dari petunjuk kecepatan, takometer, gear position, odometer, tripmeter A & B, fuelmeter, jam, tegangan baterai, sampai info konsumsi bahan bakar.

Lalu, ada info pengingat ganti oli dan shift light yang bisa diatur waktu menyalanya antara 4.000-10.000 rpm dengan rentang setiap 500 rpm.

Baca juga: Pembeli Mobil Listrik Murah Umumnya Sudah Punya Kendaraan Pribadi

Suzuki V-Strom 250 SXKOMPAS.com/ADITYO WISNU PRABOWO Suzuki V-Strom 250 SX

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com