Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Pentingnya Melakukan Servis Berkala pada Kendaraan

Kompas.com - 14/11/2023, 13:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Servis secara berkala pada mobil merupakan salah satu kunci utama untuk menjaga performa kendaraan tetap optimal.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak mengatakan, servis rutin bisa dilakukan tiap kelipatan 10.000 kilometer (km).

“Meski kebanyakan catatan servis berpatokan pada jarak tempuh odometer, tetapi ada baiknya juga perhatikan waktu atau time frame bukan kilometer saja. Umumnya, jangka waktu melakukan servis berkala adalah enam bulan seklai,” kata Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Viral, Video Mobil Angkut Dua Bayi Tidur di Bagasi Tanpa Pintu

Servis mobil di bengkel resmi, pemeriksaan kondisi kaki-kakiKOMPAS.com/daafa Servis mobil di bengkel resmi, pemeriksaan kondisi kaki-kaki

Menurut dia, ketika mobil sudah dipakai enam bulan, kekentalan oli mesin bakal mengalami perubahan. Sehingga akibatnya akan berpengaruh pada performa kendaraan.

Sementara menurut Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, karena mobil memiliki banyak komponen dan sistem yang rumit, dan masing-masing komponen saling berkaitan satu sama lain, sehingga sangat penting dilakukan servis rutin.

“Maka mobil butuh perawatan secara rutin supaya terjamin keamanan dan kenyamanannya,” kata Iwan kepada Kompas.com, Senin (13/11/2023).

Baca juga: ECGO 3 Kasih Program Buat Ojol, Sewa Hak Milik Rp 25.000 per Hari

Servis mobil di bengkel resmi Nissan Setiabudi Semarang Servis mobil di bengkel resmi

Iwan juga mengatakan, dengan melakukan servis rutin bisa mendeteksi masalah kecil yang nantinya bisa menjadi besar jika dibiarkan.

“Dengan melakukan perawatan rutin maka mobil akan terhindar dari kerusakan dan dapat memastikan mobil selalu dalam keadaan prima,” ujar Iwan.

Selain itu, Iwan juga mengatakan, servis rutin bisa membantu memperpanjang usia mesin sehingga bisa menghemat biaya yang akan diperlukan di kemudian hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com