Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/11/2023, 08:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda CRF250 Rally merupakan motor petualang yang bisa jadi pilihan untuk kelas 250cc. Banderolnya memang cukup tinggi, Rp 92 jutaan, memang kelihatan mahal, tapi ada kualitas yang ditawarkan.

Bisa dibilang, CRF250 Rally punya desain yang cenderung lebih ke trail daripada adventure. Mengingat, basis dari motor ini adalah CRF250L, motor trail di kelas 250cc andalan Honda.

Soal fitur yang ada di CRF250 Rally memang bukan untukmewah-mewahan, lebih ke sisi fungsionalitas. Misal lampu depan dan sein sudah LED, biar terang kalau berkendara sampai malam dan lokasinya minim pencahayaan.

Baca juga: Duo Pebalap Honda Tergelincir di Sprint Race MotoGP Malaysia 2023


Lalu di sektor pengendara, ada visor yang posisinya cukup tinggi, bisa menahan angin dengan baik saat motor berjalan di kecepatan tinggi.

Instrument cluster pakai model digital yang lengkap isinya, dari penunjuk kecepatan, putaran mesin, jarak, konsumsi BBM, dan sebagainya.

Salah satu fitur yang ada di instrument cluster dan kami sukai adalah penunjuk motor sudah pakai berapa liter. Hitungannya berdasarkan konsumsi BBM, cuma yang ditampilkan adalah satuan liter.

Fitur tersebut sangat membantu kalau lagi bertualang di tengah hutan, jadi tau berapa BBM yang sudah digunakan. Tangki BBM CRF250 Rally ini juga cukup besar, 12,8 liter dan punya konsumsi BBM yang cenderung hemat.

Baca juga: Komitmen Wuling Motors dalam Pengembangan Kendaraan Listrik di Indonesia

Honda CRF250 RallyKOMPAS.com/ADITYO WISNU Honda CRF250 Rally

Fitur lain yang diunggulkan dari CRF250 Rally adalah penggunaan cakram model wavy atau bergelombang. Klaim model cakram yang tidak sekadar bulat ini adalah pelepasan panas yang lebih mudah.

Soal mesin, CRF250 Rally menggunakan mesin satu silinder 249,6cc dengan pendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan sebesar 18,9 kW atau sekitar 25,3 TK di 8.500 RPM dan torsi 23,1 Nm di 6.500 RPM.

Honda CRF250 RallyKOMPAS.com/ADITYO WISNU Honda CRF250 Rally

Fitur lain yang ada di motor ini adalah assist/slipper clutch. Jadi pengendara punya rasa kopling yang lebih ringan, sangat membantu kalau dibawa terabasan di tengah kondisi jalan yang rusak.

Soal fitur, kami rasa CRF250 Rally lebih ke arah fungsional, bukan menggunakan yang mewah. Cuma, kalau dilihat harganya yang tinggi, rasanya bisa lebih menarik kalau ditambah fiturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com