Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Penyelenggaraan Piala Dunia U-17, Lalu Lintas di Sekitar JIS Direkayasa

Kompas.com - 11/11/2023, 16:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemorov) DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan Jakarta International Stadium (JIS) sehubungan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 selama 11-24 November 2023.

Dalam keterangan tertulis, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan rekayasa akan diberlakukan mulai pukul 12.00 WIB hingga 24.00 WIB supaya memastikan mobilitas dan lalu lintas lancar.

"Akan dilakukan penutupan terbatas pada pukul 12.00-24.00 WIB di tiga titik lokasi," kata dia, Sabtu (11/11/2023).

Baca juga: Salah Satu Sebab Penyerapan Motor Listrik Subsidi Masih Lambat

Sistem pengendalian lalu lintas cerdas (ITCS) berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang dikembangkan oleh emiten teknologi informasi PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TKDN) dipasang di Kota Solo selama perhelatan Piala Dunia U-17 2023.DOK. PT TEKNOLOGI KARYA DIGITAL NUSA TBK Sistem pengendalian lalu lintas cerdas (ITCS) berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang dikembangkan oleh emiten teknologi informasi PT Teknologi Karya Digital Nusa Tbk (TKDN) dipasang di Kota Solo selama perhelatan Piala Dunia U-17 2023.

Tiga lokasi penutupan itu adalah di Simpang Perlintasan bidang KA Jalan Sunter Permai Raya-Jalan RE Martadinata, Simpang Jalan Sunter Permai Raya-Jalan Bisma Raya, dan Simpang Jalan Danau Sunter Barat-Jalan Danau Sunter Utara.

Selama penutupan, hanya ada beberapa jenis kendaraan yang diperbolehkan melintas, yakni angkutan pemain, angkutan panitia, angkutan umum, penghuni, serta tamu VIP dan VVIP. Penonton Piala Dunia U-17 juga tidak diperbolehkan membawa kendaraan pribadi ke area JIS.

"Bagi penonton agar memarkirkan kendaraannya di dua fasilitas parkir, yaitu di lokasi C3 Kemayoran dan di JIExpo," ujar Syafrin.

Dari lokasi parkir tersebut, penonton akan disediakan shuttle bus yang akan mengantarkan ke JIS. Shuttle bus yang disediakan PT TransJakarta ini beroperasi mulai pukul 12.00 WIB. Sementara untuk kepulangan, shuttle tersedia di Halte JIS Jalan Danau Sunter Barat.

Baca juga: Subsidi Konversi Motor Listrik Jadi Rp 10 Juta, Bengkel Tunggu Juknis

Kondisi shuttle bus yang akan digunakan untuk mengangkut penonton yang akan menyaksikan pertandingan Piala Dunia U-17 di Stadion Si Jalam Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa BaratKOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Kondisi shuttle bus yang akan digunakan untuk mengangkut penonton yang akan menyaksikan pertandingan Piala Dunia U-17 di Stadion Si Jalam Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Adapun angkutan umum yang bisa digunakan penonton menuju JIS antara lain JakLingko 120 dengan rute JIS-Muara Angke, TransJakarta nomor 14A rute Harmoni-JIS, dan TransJakarta 12P rute Stasiun LRT Pegangsaan Dua-JIS.

Selain persiapan berupa rekayasa lalu lintas, perhelatan internasional itu turut diamankan oleh Polda Metro Jaya dengan mengerahkan 2.348 personel untuk mengamankan pertandingan.

"Pengamanan di antaranya beberapa venue (tempat) yang akan digunakan perhelatan pertandingan nanti adalah di JIS Jakarta dan di beberapa daerah GBK sebagai tempat latihan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko dalam kesempatan terpisah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com