Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PO Starbus Luncurkan 5 Unit Bus Baru Pakai Bodi Jetbus 5

Kompas.com - 03/11/2023, 16:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan otobus (PO) Starbus merilis bus baru berjumlah 5 unit. Kelima unit bus tersebut menggunakan balutan bodi Jetbus 5 SHD buatan Karoseri Adiputro

Jetbus 5 SHD punya memiliki panjang 12.000 mm, lebar 2.500 mm, dan tinggi 3.850 mm. Maka dari itu keunggulan dari tipe bodi bus ini adalah punya bagasi yang lapang dan tinggi kendati hanya satu dek.

Baca juga: Daftar Harga LCGC Bekas per November 2023 mulai Rp 50 Jutaan

Berdasarkan unggahan dari Instagram @koransinar, secara visual, pada eksterior masih menggunakan DNA dari bus Starbus, yakni menggunakan kelir putih dengan sentuhan logo perusahaan, yang berbentuk lingkaran biru di bodi samping. Lalu, tidak ketinggalan dengan livery berbentuk bintang-bintang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KoranSinar (@koransinar)

Baca juga: Daftar Harga MPV Bekas per November 2023, mulai Rp 55 Jutaan

Sebagai informasi, PO Starbus merupakan divisi bus pariwisata yang ada di bawah naungan Sinar Jaya Group. Maka dari itu, nantinya kelima unit bus tersebut akan diperuntukan sebagai layanan pariwisata. 

Adapun untuk sasis yang digunakan oleh kelima unit kendaraan itu yakni Hino RM 280. Sasis Hino RM 280 adalah J08E-WD yang dilengkapi dengan Exhaust Gas Recirculation (EGR), Diesel Oxidation Catalyst (DOC), dan sistem kontrol ECU.

Selain itu untuk bagian injektor punya ketahanan yang tinggi karena dilapisi dengan bahan DLC atau Diamond Like Coating.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com